Pariwara
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Mediasi Sengketa Lahan di Laonti

H. Surunuddin Dangga

KENDARIPOS.CO.ID — Polemik sengketa lahan antara warga pada empat desa di Kecamatan Laonti dengan pihak PT Gerbang Multi Sejahtera (GMS) mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel). Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, mengaku prihatin dengan sengketa agraria di wilayah pemerintahannya. Ia juga menyoroti kehadiran investor berbendera PT GMS yang masuk ke otoritanya tanpa pernah berkoordinasi. Meski Surunuddin sadar, kewenangan izin memang sudah menjadi domain pemerintah provinsi (Pemprov).

“Saya lihat, pihak PT GMS ini nanti kalau ada masalahnya baru mereka mau koordinasi ke Pemkab. Tapi kalau tidak, mereka masuk saja, asal ada IUP. Padahal kalau mereka komunikasi dengan kami, tentu tidak akan ada masalah tumpang-tindih lahan seperti ini,” sindirnya. Sementara itu Wakil Bupati Konsel, H. Arsalim Arifin juga menambahkan, pihaknya sementara berupaya melakukan langkah persuasif dengan mengecek langsung di lapangan.

“Pemkab, dalam hal ini bupati, sedang melakukan langkah-langkah mediasi, evaluasi serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan lahan masyarakat,” timpalnya. Untuk diketahui, PT GMS telah masuk ke wilayah Kecamatan Laonti untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi tambang. Izin usaha pertambangan perusahaan itu berada pada empat desa di Tue-tue, Lawisata, Sangi-sangi dan Ulusawa. Masyarakat sudah menyuarakan penolakan terhadap kehadiran perusahaan tersebut. (b/kam)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top