Pariwara
Metro Kendari

Pelayanan Administrasi Berbasis Teknologi

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Aparatur Pemerintah Kota Kendari dalam kendali Wali Kota Adriatma Dwi Putra terus berinovasi. Pelayanan administrasi berbasis teknologi kini diterapkan. Semua itu untuk memudahkan pelayanan administrasi.

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari misalnya, telah menerapkan inovasi baru. Terobosan itu dalam memberikan pelayanan administrasi secara prima. Sebuah layar pengumuman yang dikenal dengan sebutan simpelarsip disajikan di loket tertentu. Semua progres urusan dokumen yang diajukan setiap dinas akan ditampilkan di layar digital.

Kepala BPKAD Kota Kendari, Susanti mengatakan pelayanan administrasi keuangan tahun 2018 mengalami banyak pembaruan. “Pengurus dari dinas sekarang tidak ada lagi dalam ruangan, biasanya kan bertumpuk menunggu dan mengecek berkas masing-masing, sekarang sudah tidak begitu, datang langsung ke loket,” ujar Susanti, Senin (22/1).

Lebih lanjut setelah masuk loket, berkas akan diproses dan progresnya akan muncul di simpelarsip itu. “Dulu kalau PU ada yang periksa, dinas lain juga ada. Sekarang beda, dimana berkas itu masuk¬† maka langsung diperiksa. Jadi semua berfungsi dan lebih cepat,” jelas Susanti.

Berkas yang sudah tuntas akan muncul dilayar dengan keterangan tuntas. “Kalau sudah tuntas sudah bisa diambil. Sebaliknya, kalau belum tertulis bisa dicek lagi. Teknisnya, masukan saja nomor berkas dan akan muncul di layar notifikasi bahwa sedang pemeriksaan pada aspek tertentu,” ungkap Susanti.

Lebih lanjut, simpelarsip itu kata dia bukan satu-satunya inovasi yang diterapkan di tahun 2018 ini. Semua kepala bidang yang mengikuti Diklat PIM III tahun 2017 punya terobosan masing-masing dan sudah diimplementasikan di Pemkot saat ini. Semua itu dilakukan dalam rangka memudahkan pelayanan. “Selain simpelarsip, kita juga punya Gif, konektifitas SIMDA, aplikasi persediaan. Itu hasil Diklat PIM III masing-masing kepala bidang,” tukas Susanti.

Untuk mendukung akselerasi pelayanan, Susanti menambahkan bahwa setiap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) sudah punya koneksi jaringan dengan server BPKAD sehingga mereka juga bisa melihat progres arsip masing-masing. “Bisa juga dicek melalui smartphone,” pungkas Susanti. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top