Pariwara
Edukasi

Mahasiswa Kehutanan Praktik Mata Kuliah

FHIL for Kendari Pos
Kenali Potensi Tahura Nipa Nipa: Usai praktik, Dosen dan mahasiswa Jurusan Kehutanan FHIL UHO bersama dengan Anggota KTPH Subur Makmur, Sabtu (20/1) lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 120 mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan  Universitas Halu Oleo (FHIL UHO) mengikuti praktik mata kuliah Pengantar Ilmu Kehutanan di Taman Hutan Raya (Tahura) Nipa Nipa Kendari, Sabtu (20/1) lalu. Sebelum kelapangan, mahasiswa praktik mata kuliah yang dibina Prof. Dr. Husna tersebut, diberikan pengarahan terkait materi praktik dan etika masuk hutan.

Prof. Husna mengungkapkan praktik mahasiswa bertujuan untuk melihat langsung kekayaan flora dan fauna, struktur dan komposisi hutan di Tahura Nipa Nipa Kendari, serta jasa lingkungan hutan seperti ekowisata air jatuh Lahundape serta memahami keberadaan kelompok tani pelestari hutan.
“Dosen pendamping pun tampil memberikan penjelasan terkait  potensi flora di sepanjang jalur tracking air jatuh Lahundape. Mahasiswa juga diberikan pemahaman tentang perbedaan kebun masyarakat dengan hutan, kekayaan flora (pohon) yang ditemui sepanjang jalur. Beberapa jenis, di antaranya pohon Eha (Castanopsis buruana), ruruhi (Syzigium sp.), macadamia, bintangur, kayu nona, Pooti (Hopea gregaria), dan lainnya,” terang Mantan Dekan Fakultas Pertanian ini.
Selain pengarahan, mahasiswa juga diwajibkan terlibat dalam beberapa kegiatan. Dosen Pendamping, Dr. Faisal Danu Tuheteru, Albasri M.Hut., menyampaikan setiap mahasiswa dan masing-masing kelas wajib berfoto (selfie) dengan background air jatuh dan dinilai oleh tim dosen. Pemenang I, II, dan III baik perorangan maupun per kelas diberi hadiah uang. “Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memotivasi dan membangun kesadaran mahasiswa untuk menghargai dan mencintai potensi sumberdaya alam dan hutan serta pmensosislisaikan poptensi air jatuh ke khalayak umum melalui media social seperti whatsapp atau facebook,” bebernya.
Terakhir,lanjut Danu, setiap mahasiswa harus membuat Laporan sesuai materi yang diperoleh di lapangan dan dilengkapi dengan deskripsi Tahura Nipa Nipa. (lia)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top