Pariwara
Hukum & Kriminal

Kasus Korupsi, Berkas Tersangka Dana PNPM Latoma Belum Lengkap

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Berkas dugaan kasus korupsi mantan Ketua Unit Pelaksana Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (UPK PNPM) Kecamatan Latoma, Suhada belum rampung. Pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe tengah meneliti berkas yang diserahkan penyidik Satreskrim Polres Konawe.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Konawe, Sahrir, SH mengungkapkan berkas tersangka Suhada telah terima awal Januari, namun berkas tersebut dianggap belum lengkap. “Berkasnya sudah kami terima dan masih proses penelitian. Mungkin masih ada kekurangan terkait keterangan beberapa saksi, dan kami akan minta penyidik untuk melengkapinya,” ujar Sahrir di ruang kerjanya, Senin (22/1).

Menurut Sahrir, berdasarkan pemeriksaan saksi ahli auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra, kerugian negara sama dengan hasil penghitungan kerugian keuangan negara (PKKN) yakni mencapai Rp 558.811.800. Namun, pihaknya ingin mengetahui nilai riil yang telah dikorupsi tersangka Suhada berdasarkan keterangan saksi. Sebab dalam kasus tersebut, berpotensi dana yang digelapkan lebih besar.

“Dalam kasus ini, ketua kelompoknya yaitu Suhada. Dia membuat proposal sendiri dan menyuruh tim PNPM masing-masing desa supaya bertanda tangan, dan sebagian saksi mengaku tidak menerima sedikitpun dana dari proposal tersebut. Nah, itu yang kita minta kepada penyidik supaya memeriksa kembali saksi dan memperjelas berapa total yang dikorupsi Suhada,” terang Sahrir.

Sahrir menambahkan berkas tersebut harus benar-benar matang sehingga pelaku korupsi tidak bisa lolos, dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Makanya berkas itu kita teliti secara hati-hati. Kemungkinan, kita akan kembalikan berkasnya ke penyidik untuk dilengkapi akhir bulan ini,” tutup Sahrir. (hel/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top