Pariwara
Buton Tengah

Jalur Lombe-Tolandona di Buteng Diaspal Maret

H. Samahuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Perbaikan infrastruktur jalan di Buton Tengah (Buteng) sedang dilakukan. Langkah tersebut dinilai sebagai salah upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. Mulai Maret 2018 nanti, pengaspalan jalan di daerah yang dipimpin H. Samahuddin itu, akan dimulai pada jalur Lombe-Tolandona.

Menurut Bupati Buteng, H. Samahuddin, untuk merealisasikan jalan Lombe-Tolandona, pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp 36 miliar. Kemudian, jalan yang awal diaspal dengan lebar tujuh meter akan ditambah menjadi 10 meter. Keputusan itu dilakukan dengan pertimbangan jumlah kendaraan akan makin meningkat setiap waktu.

“Lebar aspal untuk jalur Lombe-Tolandona ditingkatkan dari tujuh meter jadi 10 meter. Itu setelah kami meninjau langsung kondisinya di lapangan. Namun hal ini berdampak pada pengurangan panjang jalan yang akan diaspal dari rencana awal. Kendati demikian, kami akan berupaya menuntaskan pembangunannya,” janji Samahuddin, Senin (22/1).

Selain itu, rencana pelebaran jalan juga akan berdampak pada masyarakat setempat. Sebab sebagian tanahnya akan dilalui kegiatan pengaspalan. Bupati berharap, masyarakat mendukung dan kerja sama agar tidak menuntut ganti rugi, tapi diberikan dalam bentuk hibah.

“Kami menyadari, tidak tertutup kemungkinan, tanaman atau pagar masyarakat akan dilalui pengaspalan. Namun kami harap hal ini bisa diikhlaskan. Sebab ini akan menjadi amal jariyah. Kami sudah meminta kepala desa, lurah dan camat untuk menyosialisasikan program kita dalam pembangunan jalan,” katanya.

Samahuddin mengungkapkan, jalur Lombe-Tolandona akan diaspal dengan kualitas lebih bagus. Untuk setiap meter persegi akan menggunakan anggaran hingga Rp 2,8 juta. Jalan tersebut akan dibuat dengan material hotmix dan menggunakan kerikil sesuai standar nasional. “Lebih baik kita kalah beli, tapi unggul dalam pemakaian. Artinya jalan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun,” tutupnya. (b/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top