Pariwara
Kolaka Utara

Wisata Kampung Kuliner di Kolut Dibuka

Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar (kiri) menyerahkan pengelolaan Kampung Kuliner pada pihak swasta. Foto: Muhammad Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Penggunaan kawasan wisata Kampung Kuliner di By Pass Lasusua akhirnya diresmikan. Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar, saat membuka pengoperasian ruang publik tersebut mengungkapkan, dalam jangka lima tahun periode kerjanya ke depan, ia akan memperhatikan perkembangan sektor parwisata.

“Orang tahu jika Kolut memiliki sejumlah objek wisata eksotis berupa pantai di sepanjang pesisir kabupaten, danau biru, air terjun pada sejumlah titik hingga gua di beberapa kecamatan yang menyimpan sejarah serta misteri. “Wisata hal yang tidak bisa diabaikan,” ujarnya, Sabtu (20/1) lalu. Maka untuk menunjang semua itu, kuliner menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan Pemkab, khususnya dinas terkait. Festival hingga lomba-lomba kuliner setiap tahun baik lingkup OPD, kecamatan maupun masyarakat Kolut menarik pihak luar. Bahkan masuk dalam kelender tahunan pariwisata Sultra.

“Maka dari itu, Pemkab mencoba lebih kreatif memadukan wisata dan kuliner dan muncul Kampung Kuliner saat ini,” tuturnya. By Pass dipilih sebagai lokasi karena tak jauh dari kawasan wisata religi Masjid Agung Lasusua, berhadapan dengan Teluk Bone dan menjadi salah satu jalur utama dilintasi warga Sultra maupun provinsi tetangga. Meski sejumlah fasilitas telah dipoles, Nur Rahman meminta agar masyarakat tidak merusaknya.

“Sudah jadi hal yang harus dihentikan. Kadang sejumlah fasilitas dicoret-coret, kaca maupun lampu dipecahkan. Ini merugikan semua pihak dan merupakan perbuatan tercela karena pendanaannya dari uang masyarakat juga. Sudahilah “kerajinan tangan” yang tidak pada tempatnya. Kewajiban kita semua menjaga agar dimanfaatkan dalam waktu yang lama,” harap Kolut-1 tersebut. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top