Pariwara
Metro Kendari

Sepanjang 2018, Sultra Punya 28 Event Pariwisata

Syahruddin Nurdin

KENDARIPOS.OC.ID — Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Tenggara meyakini akan ada lonjakan signifikan atas kunjungan wisatawan tahun ini. Menyusul tersusunnya kalender event tahun 2018 yang sudah disesuaikan dengan kesiapan daerah penyelenggara masing-masing. Ada 28 even yang akan mewarnai kepariwisataan Sultra sepanjang tahun 2018 ini. Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Syahruddin Nurdin mengatakan akhir 2017 lalu pihaknya telah mengundang seluruh Dispar kabupaten dan kota di Sultra untuk melaporkan rencana event tahun ini. Setelah diskusi panjang, kalender yang memuat event akbar setiap daerah selama 11 bulan ke depan itu bisa tersusun.

“Sekarang kalendernya sudah ada. Masyarakat sudah tahu. Insya Allah wisatawan juga akan melihat, maka tinggal komitmen pemerintah kabupaten dan kota yang kita tunggu, karena usulan ini dari mereka sendiri,” ujar Syahruddin Nurdin saat dihubungi Kendari Pos. Lebih lanjut dia menuturkan event perdana dan kedua telah sukses digelar pada awal Januari lalu yakni Festival Konasara di Konawe Utara dan Pelangi Kolaka Utara. Event yang berlangsung di Pantai Taipa (Festival Konasara) itu sukses memukau 200 wisatawan mancanegara asal Korea Selatan. Sementara Pelangi Kolut juga banjir pengunjung.

Syahruddin berharap sukses yang masa bisa torehkan oleh daerah lain dengan kegiatannya masing-masing. Selanjutnya, pada Februari mendatang giliran Kabupaten Muna yang akan berkreasi dengan peninggalan zaman pra sejarahnya yakni Liangkobori (Goa Bertulis). Dalam kalender wisata itu dijadwalkan berlangsung 21 hingga 23 Februari nanti. “Dibulan yang sama itu akan ada Pemilihan Duta Daerah Mekongga, Kolaka tanggal 24-25 Februari 2018. Lalu ada juga Festival Sungai Konaweeha di Unaaha, Konawe pada 25 Februari-3 Maret 2018,” ungkap mantan Kasubag Protokoler Setprov Sultra ini.

Dipertengahan tahun akan ada sejumlah festival lainnya seperti festival Pulau Pandai Besi di Wakatobi, Sail Buton Selatan, Festival Kaghati di Muna, Festival Modero di Mubar. Sementara di akhir tahun 2018, ada agenda Budaya Tua Buton, Festival Pulau Bokori, Festival Pantai Melaeura dan masih banyak lagi. “Yang jelas adan 28 event tahun ini,” pungkasnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top