Pariwara
Metro Kendari

Ratusan Jamaah Calon Haji Kota Kendari Ikut Manasik

Suasanana manasik jamaah calon haji Kota Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemberangkatan jamaah haji tahun ini dijadwalkan Juli mendatang. Meski terbilang masih jauh, persiapan sudah dilakukan. Setelah pemberkasan paspor, jamaah juga sudah diajarkan tahapan haji melalui manasik mandiri. Manasik digelar di Masjid Agung Al-Kautsar dan diikuti sekira 200 calon haji Kota Kendari, Minggu (21/1).

Pembukaan pelaksanaan manasik mandiri bagi jamaah calon haji (JCH) Kota Kendari 1439 H / 2018 M itu dihadiri Kepala Bidang Penyelengara Haji dan Umrah, La Maidu mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Sultra, Abdul Kadir. Kepala Kemenag Kota Kendari, Samsuri ikut hadir. La Maidu menuturkan manasik haji harus diikuti serius calon haji. Pemahaman setiap calon haji harus terus ditingkatkan jelang pelaksanaan haji. “Mulai hari ini niatnya diluruskan, untuk benar-benar menunaikan rukun Islam kelima itu semata-mata karena Allah SWT untuk meraih Ridha-Nya,” ujarnya, kemarin.

Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, Samsuri mengatakan manasik mandiri merupakan permintaan dari jamaah calon haji dan itu rutin digelar setiap tahun jelang penyelenggaraan ibadah haji. “Kegiatan seperti ini akan terus kita lakukan hingga 5 bulan ke depan. Kita sepakati pada setiap Ahad. Bahkan KUA juga bisa menyelenggarakan di tingkat kecamatan masing-masing,” katanya.

Lebih lanjut Samsuri menambahkan selain ilmu terkait haji, calon haji juga harus menjaga kesehatan. Sebab meski memenuhi syarat administrasi, bila tak sehat maka ibadah hajinya terancam ditunda. “Setiap tahun ada yang gagal berangkat karena kesehatannya dianggap mengkhawatirkan. Jadi harus siap mental dan fisik,” pungkasnya. Dalam manasik pertama itu turut hadir pula perwakilan Dinas Kesehatan Sultra, Dinas Kesehatan Kota Kendari, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan para Kepala KUA se-Kota Kendari. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top