Pariwara
Buton Tengah

Penambangan Pasir Ilegal di Buteng Dihentikan

Lokasi penambangan pasir ilegal di Mawasangka yang kegiatannya kini dihentikan pihak DLH Buteng. Foto: Muhammad Yusuf/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buton Tengah (Buteng) harus bekerja ekstra menghentikan kegiatan penambangan pasir yang dilakukan masyarakat secara ilegal. Pasalnya, banyak titik kegiatan tambang tersebar pada beberapa wilayah di Buteng. Apalagi tidak ada izin yang mendukung pelaksanaan praktik penambangan tersebut. Kepala DLH Buteng, Alimuddin, mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya telah menghentikan kegiatan penambangan pasir di Mawasangka.

Dari pantauan di lapangan, kondisi sudah sangat parah. Meski tidak merata, namun luasan penambangan sudah mencapai 500 meter dari bibir pantai ke darat dengan lebar kurang lebih 100 meter. “Kami sudah mengambil data dan foto udara. Sementara dihitung luasan yang tepat dari kegiatan penambangan di Mawasangka ini. Selain itu, kami juga akan menghitung volume pasir yang hilang untuk memastikan kerugian daerah secara nominal,” ungkapnya, saat ditemui di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

Menurut Alimuddin, pusat kegiatan penambangan pasir ilegal di Mawasangka terpusat pada dua desa yakni di Balo Bone dan Napa. Terkait dengan masalah tersebut, pihaknya akan menggelar rapat dengan semua pihak terkait untuk mengambil langkah tepat dalam menangani masalah tersebut. “Untuk saat ini kegiatan penambangan pasir di Mawasangka sudah kami hentikan, sambil menunggu keputusan selanjutnya. Areal penambangan pasir tersebut sangat berpotensi untuk pengembangan pariwisata,” jelasnya.

Dia menambahkan selain di Mawasangka, ada beberapa warga di kecamatan lain yang melakukan kegiatan penambangan pasir tanpa izin resmi. Di Kecamatan Lakudo tepat dekat SMP 1, juga diketahui ada kegiatan penambangan ilegal, demikian juga yang terjadi di Bone Oge. “Kami akan segera memantau lapangan untuk memastikan tingkat kerusakan yang terjadi,” tutupnya. (b/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top