Pariwara
Metro Kendari

Pelabuhan New Port Kendari Beroperasi Medio 2019

KENDARIPOS.CO.ID — Pelabuhan New Port Kendari (NPK) merupakan salah satu proyek negara terbesar yang ada di Sultra. Rp 960 miliar dikucurkan untuk membangun salah satu pelabuhan tol laut nusantara itu. Pengerjaannya sudah dimulai sejak tahun 2016. Kini progres pekerjaan fisiknya tetap on going. Bahkan dijadwal bisa beroperasi pada medio 2019.

General Manager PT. Pelindo IV Kendari, Muhammad Irfan menyebutkan pembangunan mega proyek NPK itu dibagi dalam 3 tahap. Pertama, pembangunan dermaga, kedua reklamasi, dan ketiga pengadaan gedung perkantoran dan fasilitas penunjang. 2 tahap pembangunan kini sudah berjalan.

Untuk dermaga disebutkan Muhammad Irfan, progresnya sudah mencapai 81 persen. Sementara tahapan kedua yakni reklamasi sudah 10 persen. Progres pekerjaan bervariasi karena kontraktornya berbeda pula. Untuk pembangunan dermaga ditangani PT. Nindya Karya, sedangkan PT. Adikarya sebagai pemenang tender reklamasi. “Bahan material untuk dermaga itu sudah sampai di lapangan semua, tinggal dipasang saja. Sementara reklamasi material diambil dari daerah sekitar seperti Moramo dan Nambo,” ungkapnya.

Kini, Pelindo sedang menunggu realisasi dari komitmen Pemkot Kendari terkait infrastruktur penunjang seperti jalan dan jembatan. Dalam desainnya, akan dibangun jalan dalam kawasan pelabuhan yang menghubungkan daratan Bungkutoko dan Nambo. “Kita tidak bisa menimbun semua. Harus ada jembatan seperti di Talia (Jembatan Kuning,red) itu, supaya kapal nelayan tetap bisa lewat. Kita sudah punya komitmen dengan Pemkot soal ini, sebelum kontrak pekerjaan selesai, Insya Allah akses jalan ini sudah terealisasi,” pungkas Muhammad Irfan. (ely/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top