Pariwara
Buton

Ibu Kota Buton Mulai Ditata

Penanaman bunga bougenville di taman kali biru Desa Banabungi, Kecamatan Pasarwajo untuk menghijaukan ibu kota kabupaten. Foto: Waode Amala/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Penataan kawasan Pasarwajo sebagai Ibu Kota Buton mulai dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Tak hanya membangun infrastruktur, keindahan juga menjadi perhatian. Langkah awal dilakukan dengan penanaman ribuan bunga bougenville serentak pada sepanjang jalan Pasarwajo, akhir pekan lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Buton, La Bakry, mengatakan, penataan ibu kota kabupaten dilakukan dengan penanaman bunga kertas itu agar Pasarwajo terlihat hijau dan sejuk sehingga menarik perhatian masyarakat lokal maupun pengunjung. “Agar kita bisa bangga akan keindahan Pasarwajo jika pengunjung melihatnya,” ujarnya. Menurut La Bakry, untuk menata ibu kota pihaknya membutuhkan dana hingga Rp 5 triliun lebih. Namun karena keterbatasan anggaran, maka pembangunan dilakukan secara bertahap.

“Baru kemudian dilanjutkan pada kebutuhan pembangunan infrastruktur lain, seperti pengadaan air bersih, pembangunan trotoar dan drainase. Kita ata sedikit demi sedikit. Diutamakan pangadaan air bersih dalam ibu kota, karena belum sepenuhnya memberikan kenyamanan bagi warga. Kemudian drainase, trotoar dan seluruh infrastruktur perkotaan,” jelasnya.

Dengan mewujudkan ibu kota Pasarwajo, bersih dan hijau serta sejuk, juga harus dilakukan di desa-desa serta kelurahan.
Ketua KONI Buton tersebut menargetkan, pada pelaksanaan Festival Budaya Tua Buton nanti, Pasarwajo sudah mulai sejuk, berbunga dan berwarna dimata pengunjung. “Supaya cepat tumbuh, tanaman ini harus kita jaga bersama. SKPD terkait mesti rutin melakukan pengawasan. Kalau ada tanaman yang rusak, laporkan. Jangan didiamkan,”tegasnya. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top