Pariwara
Politik

Hidayatullah Pantau Pemutakhiran Data di Mubar

Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada memperlihatkan KTP-el usai dilakukan pendataan oleh PPDP yang didampingi Ketua KPU Sultra, Hidayatullah dan komisioner KPU Mubar, Sabtu (20/1). Foto: Marwan Abidin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Sultra resmi menggelar pencocokan dan penelitian (Coklit) secara bersama daftar pemilih, Sabtu (20/1). Gerakan Coklit yang dilakukan serentak secara nasional ini diikuti 6.452 petugas mutakhiran data pemilih (PPDP) yang tersebar di 17 kabupaten/kota.

Di hari pertama, KPU Sultra turun mendampingi dan memantau langsung PPDP yang melakukan coklit di sejumlah daerah di Sultra. Ketua KPU Sultra, Hidayatullah kebagian tugas melakukan pemantuan di Muna Barat (Mubar). Sebelum memulai pencoklitan, mantan aktivis Prodem ini memimpin apel di lapangan KPU Muna Barat.

Saat melakukan pencoklitan, mantan Ketua KNPI Sultra bersama PPDP melakukan pendataan di sejumlah kediaman pejabat Mubar. Seperti kediaman bupati Mubar, LM Rajiun Tumada, wakilnya, Achmad Lamani, Sekda Mubar. Selain itu, ia juga memamtau pendataan di sejumlah rumah warga lainnya.

Hidayatullah menjelaskan gerakan coklit nasional (GCN) ini dilaksanakan di 171 daerah Pilkada serentak se-Indonesia, termasuk Sultra. PPDP yang melakukan sebanyak 6.452 tersebut akan didampingi oleh PPS denganjumlah 6.792 orang, dan 1.060 PPK, serta 85 komisioner KPU kabupaten/kota dengan didukung 170 staf sekretariat juga 5 komisioner KPU Sultra termasuk 54 stafnya. Setiap PPDP minimal mendatangi dan coklit 5 rumah warga.

Di Sultra kata dia, daftar yang akan dicoklit berjumlah 1.785.425 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk pemilih pemula dan penyandang disabilitas. Coklit DP tersebut adalah sinkronisasi antara Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) dengan DPT terakhir yang disampaikan pada rapat pimpinan di Surabaya 2017 lalu.

“PPDP itu berkunjung langsung ke rumah-rumah warga secara door to door untuk melakukan coklit. Mencatat yang mau dicatat dan mencoret yang mau dicoret. Ketika sudah maka ditempel di depan rumah warga. Minimal seorang PPDP mencoklit 5 rumah warga” katanya saat mendampingi PPDP melakukan coklit di rujab Bupati Muna Barat, LM. Rajiun Tumada, Sabtu (20/1) lalu.

Ia menambahkan, Mubar sendiri pada pilkada 2017 mendapat peringkat 10 besar dengan tingkat partisipasi pemilih melebihi target partisipasi nasional sebanyak 84.8 persen. Olehnya, tahun 2018 ini harus dipertahankan dan bisa lebih tinggi lagi.

“Saya berharap 169 PPDP di Mubar ini bisa maksimal. Karena yang menentukan adalah PPDP sebagai ujung tombak. Selain itu, tentu dukungan stakeholder sangatlah banyak diperlukan untuk menyukseskan Pilgub, termasuk pemda,” tambahnya.

Bupati Muna Barat, LM. Rajiun Tumada mengapresiasinya komitmen KPU terkait upaya pemutakhiran data pemilih. Makanya, ia mengaku sangat antusias memberikan indentitas berupa KTP el untuk terdaftar sebagai pemilih di Pilgub Sultra. Apalagi agenda pesta demokrasi senantiasa harus didukung. “Olehnya, saya mengajak warga Mubar untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih dan bisa menerima PPDP dengan baik yang mencoklit,” imbau Ketua Lemkari Sultra ini.

Hal senada diungkapkan Wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani. Dirinya berharap masyarakat Mubar proaktif dan memberikan data yang sebenar-benarnya. Sebagai warga negara yang baik, mereka harus berpartisipasi pada Pilgub Sultra. “Saya Alhamdulillah sudah dicoklit dan terdaftar,” jelasnya dikediamannya.

Sementara itu, Ketua KPU Mubar, Al Munandir menjamin PPDP mampu menjaga integritas dan profesional dalam bekerja melakukan coklit di wilayah Mubar. Apalagi mereka sudah diseleksi dan dibimtek secara profesional. Dengan demikian kerja-kerjanya akan baik, termasuk bisa mempertahankan prestasi sebagai daerah partisipasi pemilih tertinggi di Sultra pada pilkada 2017 lalu. “Saya yakin PPDP bisa bekerja profesional dalam mencoklit. Warga yang berhak dimasukkan sebagai daftar pemilih tetap nantinya,” ungkapnya.(b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top