Pariwara
Buton Utara

Harmonisasi Pemkab dan DPRD Butur Ditingkatkan

Abu Hasan

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah bukan rahasia, hubungan kerja antara pihak eksekutif dan legislatif di Kabupaten Buton Utara (Butur), kurang harmonis. Partai pendukung pemerintah saat ini tak menguasai kursi di parlemen. Penuntasan pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) selalu terlambat. Atas kondisi tersebut, Bupati Butur, Abu Hasan, berkomitmen, harmonisasi hubungan kedua lembaga itu akan terus ditingkatkan.

Mantan Karohumas Pemprov Sultra itu menugaskan, Sekretaris Kabupaten (Sekab), Muh. Yasin yang baru saja dilantik untuk mampu membangun komunikasi dengan para legislator di daerah itu. “Saya yakin jajaran eksekutif dan legislatif memiliki komitmen yang sama. Sebagai mitra kerja, sesuai peran dan fungsi masing-masing, keduanya siap menyukseskan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Butur,” ujar Abu Hasan, akhir pekan lalu.

Butur-1 itu mengakui, ia dua kali ditegur Gubernur Sultra karena pembahasan anggaran selalunya terlambat. Untungnya, tak berimbas terhadap pemotongan anggaran. “Saya dua kali ditegur gubernur akibat draf APBD selalunya telat diserahkan. Menteri Dalam Negeri telah membuat regulasi memberikan sanksi bagi eksekutif maupun legeslatif yang menyebabkan draf anggaran pendapatan dan belanja daerah telat diserahkan. Kalau kepada kepala daerah, penyebabnya gaji bupati tak dibayar selama enam bulan. Sebaliknya, jika legeslatif yang mengulur-mengulur pembahasan juga tak dibayarkan gajinya selama itu,” tegas Abu Hasan.

Mantan Kadis Pemuda dan Olahraga Butur itu mengingatkan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), agar bulan Juli mendatang sudah harus menyerahkan draf APBD-P 2018. “Saya yakin dan percaya, apabila kerja sama dan keharmonisan antara eksekutif dan legislatif dapat terjaga dengan baik, maka tak ada hambatan yang tidak dapat kita lalui dalam menyukseskan setiap program dan kegiatan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Butur,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top