Pariwara
Bau-bau

Bangun Posko IT Control Sistem, Kapolda Apresiasi Terobosan Polres Baubau

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto.

KENDARIPOS.CO.ID — Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto menginginkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak berlangsung kondusif dan aman. Makanya, dirinya selalu mengimbau anggotanya untuk selalu siaga mengantisipasi segala kemungkinan. Dia juga tipe orang yang tak suka hanya mendengar laporan saja, sehingga seringkali turun langsung di lapangan melihat kesiapan anggotanya.

Akhir pekan lalu, selama dua hari, pengganti Agung Sabar Santoso ini mengunjungi wilayah kepulauan. Tepatnya, Jumat (19/1) mengunjungi Polres Kota Baubau dan Sabtu (20/1) ke Polres Buton dengan bersepeda. Tak hanya sekadar mengingatkan anggotanya, dia juga mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas).

Di Kota Baubau, Andap sangat terkesan dengan terobosan yang dilakukan anggotanya. Polres Baubau membuat terobosan baru menggunakan teknologi sebagai media pemantauan pilkada (pilwali dan pilgub). Melalui alat ini, akan memudahkan proses pengawasan dan pengamanan seluruh rangkaian tahapan Pilwali di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Baubau.

Namanya adalah IT Control Sistem sebagai penunjang Operasi Mantab Praja (OMP) 2018. Bertempat di ruangan markas Polres Baubau, posko tersebut didirikan dengan fasilitas sistem kendali. Yang terhubung langsung di Kantor KPU memggunakan kamera CCTV. Sehingga berbagai aktivitas di kantor penyelengara pemilu itu dapat terpantau langsung dari posko IT Control di Polres Baubau.

Inovasi yang dilakukan Polres Baubau itu, membuat Kapolda kagum. Orang nomor satu dijajaran kepolisian daerah (Polda) Sultra itu penasaran dan ingin melihat langsung. “Selaku Kapolda, saya sangat mengapresiasi yang dilakukan Kapolres Baubau. Nanti secara keseluruhan kita akan integrasikan tiga Polres, (Polres Konawe, Kolaka dan Baubau). Kemudian kita akan itegrasikan juga dengan yang ada di Polda. Sehingga kita bisa melihat langsung di tiga kabupaten/kota (peserta pilkada serentak, red) termasuk juga pemilihan gubernur,” kata Jenderal Andap itu usai meresmikan posko IT Control Sistem.

Selaku lembaga yang bertanggung jawab penuh terhadap keamananan pilkada di Sultra, lajut dia, pihaknya telah melakukan beberapa langkah antisipasi. Yaitu dengan membentuk tiga bagian Satuan Tugas (Satgas). Mulai dari Satgas kecurangan money politic, satgas cyber crime dan satgas pilkada damai. “Artinya, pengamanan pemilu kita lakukan bersama dengan penyelenggara pemilu dan seluruh stake holder. Apabila ada sesuatu hal, maka kita diskusikan untuk dilakukan langkah preventif maupun penegakkan hukum,” jelasnya.

Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam mengungkapkan, terobosan tersebut merupakan prakarsa dari Kapolda Sultra. Pihaknya hanya sebatas mewujudkan gagasan cemerlang yang disarankan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. “Di dalamnya juga kita siapkan TV kabel yang terkoneksi dengan monitoring screen untuk update informasi yang terjadi di tingkat nasional,” ungkapnya.

Setelah dari Baubau, Kapolda bersama rombongan menuju Polres Buton di Pasarwajo. Menarik, karena kunjungan itu dengan bersepeda (goes). Goes yang dilakukan Kapolda Sultra tersebut bersama rombongannya dan Jajaran Polres Baubau dan Polres Buton dengan mengambil start sekitar pukul 06.00 wita dari Baubau menuju Buton, Pasarwajo. “Ini bukan saja sekadar goes, tapi sekaligus silaturahmi dan mengecek kesiapan pengamanan pilgub,” ujarnya. Dikatakannya, ketika goes atau bersepeda ada komitmen, semangat dinamika hidup sehingga harus konsisten disinergikan badan sehingga jadi sehat. Lanjutnya, kesehatan itu penting secara pribadi maupun pekerjaan. “Kesehatan bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak akan berarti. Kesehatan untuk diri kita sendiri dan harus dijaga,” ucapnya.

Dia menjelaskan, jelang pilgub kesehatan perlu diijaga. Sebab, jika staminanya bagus maka pelaksanaan pengamanan juga akan berjalan dengan baik. Kunjungan Kapolda disambut langsung Plt. Bupati Buton, La Bakry. (b/mel/ahi)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top