Pariwara
Konawe

Survei Awal Tahun, Harga Pangan di Konawe Diklaim Stabil

Tim Satgas Pangan di Konawe saat melakukan pengecekan ketersediaan beras di Gudang Bulog, jumat (19/1). Foto: Helmin Tosuki/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Mencegah lonjakan harga pada awal tahun, Satgas Pangan Konawe kembali melakukan operasi di Pasar Modern Wawotobi, Jumat (19/1). Tim yang merupakan fusi unsur Polres, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Subdrive Bulog Unaaha tersebut melakukan survei untuk memastikan kestabilan harga. Hasilnya, harga masih berada diambang batas kewajaran, tanpa kekhawatiran akan naik.

Kasatreskrim Polres Konawe, Iptu Rahmat Zam Zam, mengatakan, operasi pasar memang akan rutin dilakukan setiap bulan dalam rangka antisipasi lonjakan harga beberapa kebutuhan pokok masyarakat. Makanya, Satgas harus terus memantau dan melakukan pengamanan pangan. “Ini instruksi Kapolri supaya kepolisian menjaga pangan. Sebab mafia juga sama berbahaya dengan koruptor,” tegasnya.

Pihaknya juga melakukan kunjungan ke Subdrive Bulog Unaaha dan melihat ketersediaan beras yang masih melimpah, dan dijamin cukup hingga tahun depan. Apalagi, bila cuaca baik, maka dalam beberapa bulan ke depan, petani akan panen lagi dan persediaan pangan semakin banyak. “Kita sudah lihat persediaan beras kita di Konawe, masih banyak, dan katanya cukup sampai tahun depan,” terangnya.

Selain itu, tim yang dipimpin Rahmat itu juga menjual beras murah dari Bulog pada warga, agar tak ada penjual yang memonopoli harga beras. “Undag-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan sudah menjelaskan, pelaku usaha yang sengaja menimbun atau menyimpan melebihi jumlah maksimal untuk memperoleh keuntungan yang mengakibatkan harga menjadi mahal, dipidana penjara paling lama tujuh tahun penjara atau denda Rp 100 miliar,” ancam Kasatreskrim. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top