Pariwara
Kolaka Utara

Rastra di Kolut Dibagi Gratis ke Warga

Stok pangan di Kolut diyakini tak akan berkurang. Selain hasil panen petani, kebutuhan beras warga juga didukung penyaluran bantuan sosial melalui Rastra. Foto: Muhammad Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Penanganan pembagian beras sejahtera (Rastra) bagi warga miskin di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos). Sebelumnya, penyaluran Rastra menjadi kewenangan Badan Permusyawaratan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD). Beberapa kebijakan telah berubah termasuk jadwal pembagian dan penghapusan segala macam pungutan. Asisten II Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kolut, Ir. Junus, menjelaskan, Rastra kini menjadi bantuan sosial (Bansos), sehingga akan disalurkan ke warga kurang mampu secara gratis. Jika sebelumnya diserahkan per triwulan, tahun ini kebutuhan pokok tersebut diterima tiap bulan.

“Ini kebijakan menteri ke seluruh Indonesia selama satu tahun,” ujar Junus, Jumat (19/1). Rencananya Senin pekan depan pihaknya bersama Dinsos terlebih dahulu melakukan sosialisasi ke 15 kecamatan menyangkut kebijakan baru pembagian Rastra tersebut. Pasalnya, jangan sampai ada cara-cara lama digunakan oknum kepala desa (Kades) untuk melakukan pungutan ke warga dengan berbagai alasan.

“Saya tegaskan, gratis. Jangan ada oknum yang meminta uang dengan memanfaatkan pembagian beras. Ini yang akan kami sampaikan ke seluruh warga Kolut,” pesannya. Setelah dilakukan sosialisasi, pihaknya akan menyampaikan rekomendasi agar segera bantuan tersebut disalurkan. Namun, warga harus ketahui jika banyaknya Rastra yang akan diserahkan tidak sebesar sebelumnya. Kini dari 15 kilogram akan menjadi 10 kilogram saja. Sementara itu, Kepala Dinsos Kolut, Hasrat, yang dikonfirmasi belum mengetahui secara pasti jumlah Rastra yang akan dibagikan, karena pelimpahan kewenangan baru dilakukan dan datanya masih berada di Bagian Ekonomi Setkab Kolut. Pihaknya baru akan melakukan sosialisasi sambil menunggu data penerima untuk disalurkan. (b/rus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top