Pariwara
Konawe Kepulauan

Pengolah Kopra Putih di Konkep Minta Perhatian

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Usaha pengolahan kopra putih kini sedang digagas warga Konawe Kepulauan (Konkep). Salah satu yang sedang mengupayakan adalah, Abdul Majid. Ia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep untuk mendukung usaha kopra putih yang belum lama digeluti di Desa Sawa Indah, Kecamatan Wawonii Utara. “Kalau bisa ada dukungan bantuan alat pengering kopra putih yang modern. Saat ini untuk menghasilkan olahan kelapa menjadi kopra putih, masih tergantung cuaca. Jika musim panas, kopra putih dijemur bisa sampai tiga hari. Jika cuaca kurang bersahabat, pengeringan bisa sampai dua minggu,” jelas Abdul Majid, jumat (19/1).

Ia mengaku, harga kopra putih lebih tinggi dibanding hasil olahan berwarna hitam. “Kalau kopra hitam harga per kilogram mencapai Rp 8.000, sedangkan kopra putih bisa Rp 14.000. Sekarang banyak pembuat kopra hitam beralih untuk membuat yang putih. Karena harganya lumayan. Kami berharap, pemerintah memperhatikan keadaan rakyatnya. Terutama jika ada bantuan alat pengering untuk pembuatan kopra. Pemerintah juga bisa mencari pasaran nasional dan internasional bagi kami untuk menjual hasil bumi,” pintanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Konkep, Mustaman, sangat merespon keluhan petani kopra putih di Pulau Wawonii. Sayangnya, pihak DPRD dan Pemkab Konkep, belum bisa menyahuti bantuan usaha kecil di daerah itu. “Sebenarnya kami punya keinginan besar untuk membantu petani kopra putih dan usaha kecil lainya dalam meningkatkan produktivitas usaha. Tetapi anggaran yang kami usulkan untuk pengembangan pelaku usaha belum disetujui saat evaluasi APBD di Provinsi,” kata Wakil Komisi III DPRD Konkep itu, Jumat (19/1). (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top