Pariwara
Buton Tengah

Lima Madrasah di Buteng Diusul Berstatus Negeri

Dr. Mansur

KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Buton Tengah (Buteng) saat ini telah mengusulkan lima madrasah swasta untuk meningkatkan statusnya sebagai sekolah negeri. Rencana tersebut disampaikan Kepala Kantor Kemenag Buteng, Dr. Mansur, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (19/1). Kata dia, lima sekolah yang diusul untuk mendapatkan status negeri tersebut adalah satu Madrasah Ibtidayah (MI), tiga Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan satu Madrasah Aliyah (MA). Sekolah yang dimaksud adalah MI Al Iqra Wadiabero, MTs Lipumalanga, MTs Talaga dan MTs Nurul Jihad Lalibo. Termasuk MA Bone Oge.

“Untuk madrasah yang berstatus negeri di Buteng saat ini adalah tujuh. Terdiri dari dua MI, empat MTs dan satu MA. Sementara madrasah swasta jumlah cukup banyak, yakni sembilan MI, sepuluh MTs dan enam MA. Jumlah madrasah tersebut sudah termasuk yang diusul untuk menjadi sekolah negeri,” ungkapnya.

Mansur mengungkapkan, proses pengusulan status madrasah dari swasta ke negeri, berbeda dengan yang dilakukan untuk mengalihkan status sekolah umum lainnya. Prosesnya cukup rumit, karena harus mendapat persetujuan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera (MenPAN). “Madrasah yang berhasil ditingkatkan dari swasta ke negeri terhitung sebagai satuan kerja (Satker) tersendiri. Sehingga kepala sekolah juga menjadi kuasa pengguna anggaran (KPA). Olehnya itu, dalam proses pengusulannya, harus mengantongi persetujuan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN),” tutupnya. (c/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top