Pariwara
Metro Kendari

Kapolda Sultra Ikut Vaksin Difteri

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto menjadi orang pertama yang disuntik vaksin difteri di RSU Bahteramas Sultra, jumat (19/1). Tampak Wakapolda Sultra, Kombes Pol Winarto dan Pj Ketua Bhayangkari Sultra, Linda Carolina Winarto ikut mendampingi. Foto: Humas Polda Sultra For Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Difteri sempat membuat heboh masyarakat Indonesia belakangan ini. Penyakit yang disebabkan bakteri corynebacterium diphteriae itu, menimbulkan banyak korban, terutama di kalangan anak-anak. Bahkan saking berbahayanya, beberapa provinsi ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) yang membutuhkan penanganan serius. Syukurnya, Sultra tidak masuk kelompok tersebut.

Kendati begitu, tidak boleh terlena. Sebab, bisa saja penyakit menular tersebut merambah Sultra kalau tidak dicegah sedini mungkin. Kondisi inilah yang menjadi salah satu alasan Pengurus Bhayangkari Daerah Sultra bersama Dinas Kesehatan Sultra menggelar sosialisasi dan vaksin difteri. Lokasinya dipusatkan di Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas Sultra.

Menariknya, Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto menjadi orang pertama yang ikut vaksin difteri. Selanjutnya diikuti Wakapolda Sultra, Kombes Pol Winarto dan pejabat utama (PJU) Polda Sultra lainnya.  “Kami imbau masyarakat untuk ikut vaksin difteri ini,” ujar Andap Budhi Revianto usai mengikuti vaksin difteri, jumat (19/1).

Menurutnya, polisi harus ikut mengedukasi masyarakat tentang bahaya penyakit difteri serta mau melakukan vaksin. Hal ini penting, supaya wabah penyakit tersebut bisa ditangkal lebih awal. “Sosialisasi seperti ini harus dimaksimalkan. Masyarakat harus disadarkan bahwa ikut vaksin difteri itu sangat penting,” terangnya.

Sosialisasi tentang pentingnya vaksin difteri digelar sebagai salah satu rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-38 Yayasan Kemala Bhayangkari Sultra. Pj Ketua Bhayangkari Sultra, Linda Carolina Winarto mengungkapkan, melalui sosialisasi dan imunisasi (pemberian vaksin difteri), diharapkan bisa mencegah penyebaran penyakit difteri. “Sosialisai ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada setiap orang agar sedini mungkin melakukan vaksin. Kepada ibu-ibu yang memiliki anak, semestinya harus memahaminya,” jelasnya, jumat (19/1).

Dia juga menkankan agar setiap orang dewasa, terutama kaum ibu maupun orang dewasa mengenali dan memahami ciri-ciri penyakit difteri. Ini penting, supaya kalau terlihat gejalanya, bisa langsung diobati. “Pemberian vaksin ini sebenarnya langkah efektif untuk pencegahan,” ujarnya.

Lebih jauh istri Wakapolda Sultra ini menjelaskan, sosialisasi digelar sebagai bentuk kepedulian Bhayangkari Polda Sultra pada kesehatan masyarakat. Sebab, penyakit ini sudah mewabah di berbagai provinsi, terutama di Jawa. “Makanya, meski Sultra masih jarang penyakit seperti ini, untuk mencegahnya kita harus memahami ciri-cirinya. Kegiatan ini, murni kepedulian kami kepada masyarakat. Karena penyakit ini bisa membawa efek kematian,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sultra, Asrum Tombili yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi. Menurutnya, penyakit difteri memang sangat berbahaya, sehingga perlu diketahui masyarakat. Dia mencontohkan, 2016 lalu, pihaknya menemukan satu kasus penyakit difteri, sayangnya penderita itu tidak tertolong dan meninggal dunia. “Kalau tahun 2017, ada tiga kasus difteri kami temukan. Alhamdulillah, berhasil diselamatkan oleh tim medis,” jelasnya.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk melakukan vaksin difteri. Supaya bisa menjadi “benteng”. Kegiatan sosialisasi seperti ini, lanjut dia, baru pertama kali dilakukan di Sultra. Makanya, pihaknya akan langsung menyampaikan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait sosialisasi difteri ini. “Kami apresiasi langkah yang dilakukan polisi dan Bhayangkari Polda Sultra soal kegiatan ini,” imbuhnya. Untuk diketahui, kegiatan ini juga melibatkan Biddokes Polda Sultra. (b/ade)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top