Pariwara
Politik

Jika tak lengkapi berkas hari ini, Bapaslon Terancam Dicoret

Sarmadan

KENDARIPOS.CO.ID — Bakal pasangan calon (Bapaslon) yang akan bertarung di Pilkada Konawe bisa sedikit bernafas lega. Hasil pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe menyatakan empat Bapaslon telah memenuhi syarat pencalonan dan kesehatan. Hanya saja, ada beberapa berkas persyaratan yang masih perlu dilengkapi. Atas dasar itu, KPUD Konawe meminta penyetoran kekurangan berkas Bapaslon paling lambat tanggal 20 Januari 2018.

Ketua KPUD Konawe, Sarmadan mengatakan secara umum semua Bapaslon telah memenuhi syarat pencalonan dan tes kesehatan. Namun hasil penelitian faktual berkas calon masih belum lengkap seperti bukti tanda terima laporan hasil kekayaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Hasil rapat pleno yang digelar Rabu (17/1) malam, semua Bapaslon telah menyerahkan berkas persyaratannya. Namun ada yang baru sekedar menginput datanya melalui Sipol. Padahal berkas tanda bukti harus dilampirkan ke KPU misalnya LHKPN dari KPK,” beber Sarmadan jumat (19/1).

Untuk itu, KPU memberikan waktu tiga hari agar para paslon menyerahkan persyaratan yang masih kurang. Jika tidak, maka pencalonannya akan gugur. Pada 18 sampai 20 Januari 2018, paslon yang mendaftar perorangan, Muliati Saiman dan Ir. Mansur (Musim) harus melengkapi syarat calon yakni tanda terima laporan LHKPN dari KPK dan bukti sedang pailit dari PTUN.

“Selain itu, Paslon Muliati Saiman dan Ir Mansur harus menyerahkan tambahan kekurang dukungan sekitar seribuan KTP-el. Sesuai aturan, dukungan yang diserahkan ke KPU jumlahnya dua kali lipat. Batas waktu penyerahan dimulai tanggal 18 sampai 20 Januari 2018. Bila tidak ada kendala lagi, mereka tinggal menunggu waktu penetapan,” tandasnya.

Di Baubau, hasil tes kesehatan Bapaslon wali kota dan wakil wali kota Baubau telah tuntas. Hasilnya, seluruh pasangan dinyatakan lolos tes kesehatan. “Dari enam Bapaslon Walikota Baubau, semua dinyatakan lolos kesehatan. Hasilnya telah kita sampaikan kepada masing-masing tim penghubung dalam agenda rapat pleno terbuka yang kita gelar Rabu (17/1) sekitar pukul 21:00 Wita,” kata La Ode Izidman, komisioner KPUD Kota Baubau jumat (19/1).

Bila merujuk pada aturan kata Koordinator Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu ini, Paslon yang tidak memenuhi tes kesehatan harus diganti. Namun dalam perjalananya, tim pemeriksa kesehatan tidak menemukan gejala penyakit berat atau pun penggunaan obat-obat terlarang pada semua kandidat.

Senada dengan itu, Koordinator Devisi Perencanaan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Mamnun Laidu menyatakan telah menyerahkan hasil tes kesehatan pada masing-masing penhubung Bapaslon wali kota Baubau. “Kami telah serahkan hasilnya,” katanya singkat. (b/hel/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top