Pariwara
Metro Kendari

Film Silariang Sukses Hipnotis Penonton

FILM : Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin (3 dari kanan) berpose bersama pemain film Silariang saat berkunjung di Graha Pena Kendari Pos, Jumat (19/1). Film bergenre budaya buah karya sineas-sineas muda Sulsel, tayang di bioskop-bioskop. Di Kota Kendari, film tersebut menghipnotis penonton. Foto: Ariyani Arifin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Satu lagi film berlatar belakang budaya suku Bugis Makassar “Silariang” atau “Cinta Yang (Tak) Direstui” tayang di layar bioskop tanah air. Film yang sarat dengan keteguhan budaya Bugis Makassar tersebut mengisahkan tentang cinta sepasang kekasih yang tak direstui oleh keluarga. Sejoli itu kemudian memutuskan kawin lari demi menyatukan cinta kasih mereka.

Jika film bergenre sama “Uang Panai” mampu mencuri perhatian penonton di Kota Kendari, film Silariang pun begitu. Film yang disutradarai Wisnu Adi tersebut mampu menghipnotis penonton.

“Saya merasa tersentuh ketika tahu ada penonton yang menghayati, bahkan terharu. Ini membuktikan fenomena budaya Sulawesi Selatan yang dikemas dengan ringan mudah dipahami. Mudah-mudahan dapat jadi pelajaran bahwa orang tua haruslah bisa lebih arif dengan anak muda,” ujar Muhary Wahyu Nurba, pemeran tokoh Dirham dalam film Silariang saat bertandang di Graha Pena Kendari Pos, Jumat (19/1).

Kunjungan para pemain film bergenre budaya itu diterima Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin dan Wakil Direktur, Agus Tranhadi. Dalam kunjungan itu, Muhary menuturkan tema film Silariang merupakan kisah cinta yang masih relevan diangkat pada masa kini.

Masih banyak anak muda yang memiliki kisah mirip dengan film ini, yang mana hubungan cintanya kandas karena tak dapat restu dari orang tua. Cerita itu juga lanjut Muhary Wahyu menggambarkan betapa adat budaya Bugis-Makassar yang kini hampir terkikis oleh waktu.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin mendukung sineas muda Sulsel yang mau berkarya dengan menampilkan konsep budaya yang dikemas lebih apik. Kisah romantika dalam film Silariang masih relevan disajikan dalam kehidupan saat ini. “Banyak pesan positif yang disajikan dari film ini. Mulai dari tema yang mengangkat budaya lokal, hingga pesan moral yang diharapkan mampu mengedukasi masyarakat, bahwasanya tidak segampang itu melarikan anak perempuan orang. Sebab proses pernikahan adalah hal yang sakral dan agung,” ujar Irwan Zainuddin.

Selain Muhary Wahyu Nurba pemeran Dirham, pemain lain ikut hadir seperti Cipta Perdana, pemeran tokoh Zulfi dan Chandra serta beberapa kru film Silariang. (ani)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top