Pariwara
Metro Kendari

Alamsyah Pensiun Februari, Sekot Dijabat Plt

Alamsyah Lotunani

KENDARIPOS.CO.ID — Bukan hanya Sekretaris Provinsi Sultra, Lukman Abunawas yang akan berganti di awal Februari mendatang. Sekretaris Kota (Sekot) Kendari juga akan dijabat orang baru diwaktu yang hampir sama. Bedanya, jika Lukman Abunawas meninggalkan jabatannya sebagai Sekprov karena tampil di kontestasi Pilkada maka Sekot Kendari, Alamsyah Lotunani pensiun reguler. Dia memasuki usia 60 tahun sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Untuk mencari pengganti Alamsyah Lotunani, Pemkot Kendari idealnya akan menggelar lelang jabatan melalui proses asesmen. Namun Pemkot belum siap menggelar asesmen maka untuk menyiasatinya dilakukan penunjukan pelaksana tugas (Plt).

Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari, Zainal Arifin mengatakan mekanisme mengangkat Sekot memang harus melalui asesmen yang dipersiapkan secara matang. Terlebih lagi masa jabatan Alamsyah Lotunani berakhir 30 Januari maka 1 Februari sudah tidak berkantor. “Kalau mau asesmen sudah tidak sempat, karena tanggal 30 sudah selesai. Asesmen itu paling cepat dua bulan baru ada hasilnya. Sementara tanggal 1 Februai sudah harus ada Sekot,” ujar Zainal Arifin, Jumat (19/1).

Mantan Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari itu menambahkan, asesmen tetap akan digelar tahun ini. Sebab anggarannya sudah siap. BKPSDM masih menunggu fatwa wali kota untuk mempersiapkan pergantian Sekot Kendari itu. “Asesmennya kapan? Saya masih menunggu wali kota kembali dari Jakarta untuk melapor. Termasuk juga menyampaikan bahwa pimpinan harus menunjuk pelaksana tugas Sekot dulu,” tambahnya.

Soal sosok seperti apa yang layak menjadi Sekot Kendari, menurut Zainal semua pejabat eselon II sudah tahu. Secara umum pernah menduduki jabatan berbeda dan usia maksimal 56 tahun. “Masih banyak syarat teknis lainnya. Tapi yang akan menunjuk nanti Wali Kota Kendari. Kita hanya bikin SK untuk ditandatangani,” tandas Zainal Arifin. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top