Pariwara
Buton Tengah

3.280 Sertifikat Prona di Buteng Segera Terbit

Muhammad Ali Mustapa

KENDARIPOS.CO.ID — Ribuan warga Buton Tengah (Buteng) akan segera mendapatkan sertifikat program nasional (Prona). Mereka yang berhak mendapat sertifikat tersebut sudah terdata sejak tahun 2017 lalu dan tinggal menunggu penyerahan.  Pejabat Perwakilan Kantor Pertanahan Buteng, Muhammad Ali Mustapa, mengatakan, kurang lebih 3.280 sertifikat Prona akan diberikan pada masyarakat. Mereka berasal dari lima kecamatan. Di Talaga Raya ada 1.208, Mawasangka 1.007, Mawasangka Tengah 145, Gu 620 dan Lakudo 320 sertifikat.

“Total jumlah yang sebenarnya adalah 3.300 sertifikat. Namun 20 diantaranya dinyatakan sudah terdaftar, hanya tinggal dipetakan saja. Secara sistem, sebenarnya Prona ini sudah dinyatakan terbit, namun sekarang sementara dalam proses pencetakan untuk diberikan pada masyarakat,” ungkapnya, jumat (19/1).

Muhammad Ali Mustapa menjelaskan, ada tiga syarat utama yang mesti dipenuhi untuk mendapatkan sertifikat Prona. Mulai dari syarat administrasi, objek dan subjek. Untuk syarat administrasi, harus mengisi blangko permohonan dengan melampirkan fotokopi KTP, tagihan PBB tahun terakhir, dan dasar perolehan tanah tersebut. “Dasar perolehan tanah ini dibedakan dalam beberapa macam, yakni tanah warisan, hibah dan dari proses jual beli. Untuk dasar perolehan tanah tersebut harus dibuktikan dengan surat keterangan yang mendukung. Kemudian syarat objek, diantaranya bukan tanah sengketa dam tanda batas terpasang. Terakhir syarat subjeknya, yakni orang perseorang dan dewasa,” paparnya.

Muhammad Ali Mustapa mengungkapkan, kuota Prona yang akan diberikan pada semua masyarakat Buteng selama 2018, yakni 2.200 sertifikat. Pihaknya tidak memiliki target khusus dalam penyelesaian tersebut. Sebab tenaga Perwakilan Kantor Pertanahan Buteng sangat terbatas. “Kami akan berupaya akhir Desember 2018 mendatang semua akan kita tuntaskan,” tutupnya. (c/myu)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top