Pariwara
Metro Kendari

Potensi Bencana di Sultra Mulai Teridentifikasi

BENCANA : 2 Januari lalu, fenomena Supermoon muncul. Fenomena bulan mendekati bumi itu berdampak terjadi tingginya air pasang. Masyarakat pesisir pantai diimbau tetap waspada dan siaga terhadap potensi terjadinya banjir rob (genangan air laut di daratan). Kini, BPBD Sultra mulai mengidentifikasi titik-titik rawan bencana alam tahun 2018. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sultra mulai mengidentifikasi titik-titik rawan bencana alam tahun 2018. Hal ini bersifat mendesak, karena Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra yang sudah memberikan peringatan soal musim penghujan yang akan terjadi awal tahun ini. Sehingga antisipasi bencana pun harus dilakukan lebih dini.

“BMKG sudah mengirim kondisi cuaca dan itu bisa kita sebut sebagai warning (peringatan). Musim hujan dengan intensitas tinggi sudah mulai terjadi. Bahkan daerah Kolaka sudah ada yang kebanjiran,” ujar Kepala BPBD Sultra, Boy Ihwansyah, kamis (18/1).

Langkah awal untuk antisipasi itu, pekan depan akan digelar rapat koordinasi bersama BPBD kabupaten dan kota di Sultra. Menurut Boy Ihwansyah, pengalaman tahun 2017 harus menjadi bahan evaluasi. Bencana kata dia tidak bisa diprediksi akan terjadi kapan dan dimana, hanya saja risiko kerusakannya bisa diminimalisir. “Banjir yang terjadi saat ini umumnya karena tidak berimbangnya debit air hujan dangan wadah penampungan, seperti drainase, kerusakan hutan yang tergerus tambang. Nah, ini yang akan kita bicarakan dengan Pemda,” ungkap Boy Ihwansyah.

Soal ketersediaan dana tanggap bencana, selain di daerah ada pula di pemerintah pusat. “Yang jelas ada (anggaran tanggap bencana), kalau kita tidak bisa tangani semua, masih bisa bermohon di pusat. Di sana ada juga. Hanya saja kita bicara antisipasi dulu, bagaimana supaya jangan terjadi banjir dan longsor lagi,” tukas Boy Ihwansyah.

Menurut dia, semua daerah di Sultra berpotensi bencana banjir dan tanah longsor, kecuali Wakatobi yang struktur daerahnya pulau dan dikelilingi laut. Namun titik-titik spesifik mesti dilaporkan oleh pemerintah daerah setempat. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top