Pariwara
Metro Kendari

Pengalihan Bongkar Muat Ikut Progres Jembatan Teluk Kendari

BONGKAR MUAT : Aktivitas bongkar muat sudah dialihkan dari Pelabuhan Nusantara Kendari ke Pelabuhan Bungkutoko sembari menunggu tuntasnya pembangunan New Port Kendari (NPK). Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Akhir Desember 2017, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari sudah membuat surat edaran pengalihan aktivitas bongkar muat dari Pelabuhan Nusantara Kendari ke Pelabuhan Bungkutoko. Namun hingga hari ini, instruksi itu belum diatensi oleh pihak-pihak terkait.

Manager PT.Pelindo IV Kendari, Muhammad Irfan membenarkan adanya surat tersebut. Bahkan Ia sudah berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran untuk memindahkan itu. “Iya,itu suratnya Desember kemarin. Kita juga sudah sampaikan ke pelayaran bahwa kita akan segera pindah ke sana (Bungkutoko, red),” ujarnya, Kamis (18/1).

Lantas mengapa hingga hari ini belum pindah, itu karena bentangan jembatan Teluk Kendari belum sampai ke jalur lintasan kapal. Hal itu pun sudah dimaklumi oleh pihak KSOP. “Mengapa dipindahkan karena berhubungan dengan pekerjaan jembatan. Tapi sekarang belum kok, masih bisa dilewati,” tukasnya.

Dengan kata lain, pemindahan pelabuhan khususnya bongkar muat kontainer dan Pelni itu akan mengikuti progres pembangunan jembatan. Itu diperkirakan Februari mendatang. “Kemungkinan Februari, karena kita juga dapat info terminal penumpang juga sudah selesai disana, dan bisa jadi diresmikan bulan depan,” terang Muhammad Irfan.

Sementara kapal penumpang antarpulau seperti Cantika (Kendari-Raha-Baubau), Teratai (Kendari-Wanci) dan kapal feri Langara dianggap tak akan mengganggu proses pembuatan jembatan. Sebab jarak permukaan laut dan bentangan jembatan mencapai 19 meter. “Kapal kecil bisa lewat. Tapi kalau memang dalam perjalannya dianggap mempengaruhi kita tetap pindahkan sementara juga,” tutup pria berdarah Makassar itu. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top