Pariwara
Buton Tengah

Kompetisi MTQ, Buteng Target Juara Umum

Rapat koordinasi yang digelar Pemkab Buteng dalam persiapan menggelar MTQ tingkat kabupaten pada awal Februari mendatang. Foto: Muhammad Yusuf/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Tampil terbaik dalam kompetisi Musaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi pada Maret mendatang menjadi target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng). Untuk persiapan tersebut, MTQ kabupaten untuk menjaring kafilah terbaik mulai dilakukan pada tanggal 3 hingga 8 Februari 2018 mendatang. Kegiatan itu dilaksanakan untuk menentukan putra putri Buteng yang akan mengharumkan nama daerah.

Kabag Kesra Buteng, Laode Abdullah, mengatakan, dari semua lomba yang akan dilaksanakan pada MTQ di Butur nanti hanya satu yang tidak diikuti, yakni kasidah rebana klasik. Pasalnya, cabang ini hanya merupakan usulan tuan rumah yang tak memengaruhi perhitungan medali untuk menentukan juara umum.

“Olehnya itu, untuk MTQ tingkat kabupaten kami hanya melakukan seleksi pada cabang tilawah, hifzul quran, tafsir quran dan fahmil quran. Selain itu masih ada cabang syaril quran, khatil quran kaligrafi dan makalah Alquran. Pendaftaran semua lomba kami buka tanggal 22 hingga 25 Januari 2018,” ungkapnya, Kamis (18/1).

Dia menambahkan, seleksi untuk menentukan siapa yang pantas menjadi duta daerah akan dilaksanakan secara ketat tanpa pilih kasih. Pihaknya akan betul-betul memastikan jika mereka yang diutus pada tingkat provinsi memiliki bakat dan kualitas bagus. Kafilah peraih juara pertama akan mewakili Buteng ditingkat provinsi.

“Namun akan lain cerita jika hanya satu peserta dalam cabang tertentu, ia tidak secara otomatis terpilih. Kami akan menilai potensi dan kemampuannya, kalau memenuhi standar nilai yang ditetapkan maka akan kita sertakan pada MTQ di Butur,” jelasnya.

Sementara itu, Sekab Buteng, Laode Hasimin, mengungkapkan, sebagai salah daerah yang agamis, maka utusan Buteng nanti harus berjuang keras menampilkan yang terbaik. “Kalau bicara target, tentu kita mengharapkan yang terbaik, meraih juara umum. Olehnya itu, kami berharap ke depan akan dilakukan pembinaan bibit berkualitas secara rutin dan terarah,” tutupnya. (c/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top