Pariwara
Buton Utara

Dinkes Butur Rekrut Dokter Umum

dr. Muh. Kasrul

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah tenaga medis berstatus pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas memberikan layanan kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas di Kabupaten Buton Utara (Butur), belum memadai. Untuk menutupi kekurangan sumber daya manusia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Butur merekrut dokter umum berstatus nonaparatur sipil negara. Insentif dan gaji disiapkan untuk mendorong kinerja dokter dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

Kepala Dinkes Butur, dr. Muh. Kasrul, menuturkan, agar pelayanan kesehatan bisa prima, harus didukung sarana dan tenaga memadai. Karena itu tiap tahun Pemkab mengalokasikan anggaran untuk membiayai dokter non-PNS. “Dua orang dokter umum kembali kami rekrut untuk ditempatkan di Puskesmas Kulisusu. Gajinya ditanggung Puskesmas dan insentif dibiayai Dinas Kesehatan,” ujar Muh. Kasrul saat ditemui di ruang kerjanya, kamis (18/1).

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Butur ini juga menambahkan, proses pengakuan sentra layanan kesehatan di Butur tengah diupayakan untuk diraih. RSUD dan Puskemas bersiap menuju akreditasi. Makanya, mutu pelayanan harus ditingkatkan. “Kemenkes sudah menugaskan lima dokter ahli di Butur. Kontraknya selama satu tahun dan bisa diperpanjang untuk mendukung pelayanan kesehatan di Butur dan sebagai syarat RSUD dan Puskesmasi meraih terakrditasi,” terangnya.

Kasrul mengungkapkan, dari 10 Puskesmas, tinggal satu yang belum memiliki dokter yakni di Bonegunu. “Pelayanan kesehatan akan terus ditingkatkan secara bertahap. Kekurangan tenaga medis akan dicari solusinya. Jika tak ada penerimaan CPNS, alternatifnya merekrut dokter kontrak,” tandasnya. (b/had)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top