Pariwara
Metro Kendari

Baliho Pilkada Mulai Ditertibkan

Nahwa Umar

KENDARIPOS.CO.ID — Momentum Pilkada identik atribut sosialisasi bakal calon. Di momentum pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, sudut-sudut Kota Kendari bertebaran baliho dan spanduk bakal calon. Meski hal ini lumrah, tetap ada aturan yang mengikat agar letaknya tak merusak tatanan keindahan kota. Itulah yang terjadi di Kota Kendari. Begitu banyak poster, spanduk dan atribut pilkada lainnya yang terpasang bukan pada tempatnya.

Pemkot pun mulai bereaksi. Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari sudah melayangkan surat teguran kepada tim pemenangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra. “Sudah dikirim suratnya ke bakal calon. Kalau tidak salah tanggal 12 Januari. Batasnya hari ini (kamis, red). Jadi mulai besok (hari ini,red) anggotaku akan jalan memeriksa. Kalau masih ada terpaksa kita turunkan sendiri,” ujar Kepala BP2RD Kota Kendari, Nahwa Umar, Kamis (18/1).

Menurut mantan Kepala Inspektorat Kota Kendari itu, selain melanggar aturan pemasangan reklame, baliho yang menggantung di pohon juga merusak keindahan kota. “Kita minta mereka turunkan, khususnya yang di pohon-pohon. Itu tidak boleh, tidak elok dilihat, harusnya dibuatkan tempatnya,” tukas Nahwa Umar.

Dia meminta agar para bakal calon atau tim sukses bisa memanfaatkan tempat yang tersedia. Soal pajak, tak dipungut bila baliho itu sudah dilengkapi dengan logo partai. “Yang dibayar itu yang pakai vendor-vendor di jalan, misalnya tiang-tiang besi itu tapi kan ada pengelolanya sendiri bukan kita yang urus. Kalau yang dipasang dengan balok-balok tidak dipungut biaya asal pasangnya rapi. Gratis kok kalau yang pakai logo partai,” tambah Nahwa Umar.

Pantauan tim BP2RD, bukan hanya baliho tiga pasangan baka; calon gubernur yang mendaftar di KPU. Masih banyak kandidat lain yang tidak mendaftar di KPU namun baliho dan posternya masih terlihat dimana-mana. “Ini tim sukses yang pasang, kita akan turunkan semua,” pungkas Nahwa Umar. (ely/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top