Pariwara
Konawe

905 IKM Tumbuh di Konawe

Jumlah IKM

KENDARIPOS.CO.ID — Banyak faktor yang memengaruhi perkembangan ekonomi pada suatu daerah. Salah satu diantaranya adalah minat masyarakat dalam berwirausaha. Di Konawe, pertumbuhan industri kecil menengah (IKM) cukup prospek dan sangat membantu perekonomian masyarakat. Mulai dari industri pangan, sandang, kerajinan, elektronik, serta industri kimia dan bahan bangunan.

Kepala Bidang Industri Disperindag Konawe, Sudriani, menyebutkan, terdapat 905 IKM yang menunjang ekonomi masyarakat menengah. “Pertumbuhan IKM memang cukup baik, apalagi Konawe adalah daerah yang terus berkembang,” ujarnya, Kamis (18/1). Saat kawasan industri bertumbuh, maka akan mendatangkan banyak tenaga kerja, sehingga mengurangi jumlah pengangguran di daerah. Selain itu, Konawe sebagai daerah simpul beberapa kabupaten sangat berpeluang menumbuhkan ekonomi dengan memiliki kebutuhan sandang, pangan, dan kerajinan, bagi masyarakat yang hanya singgah. Menurut Sudriani, IKM bisa memiliki pasar dan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Harapannya, untuk mendukung pelaku IKM, sebaiknya pemerintah memetakan produk apa saja yang dapat menjadi komodi utama dan dapat dikembangkan di Konawe. “Kemudian, para pelaku usaha IKM akan didorong untuk mengolah produk sesuai sumber daya alam dan karakteristik yang ada pada masing-masing wilayah. Sehingga, IKM tidak perlu kesulitan dalam mendapatkan bahan baku. Di Konawe ini banyak potensi alam yang dapat dikembangkan,” tandasnya. (c/hel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top