Pariwara
HEADLINE NEWS

Semua Kandidat Gubernur Sultra Sehat, Penetapan Pasangan Calon 12 Februari

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra memplenokan hasil tes kesehatan para bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sultra, di Aula Husni Kamil Manik KPU Sultra, kemarin sore (17/1). Dalam pleno itu, KPU Sultra yang disaksikan Bawaslu Sultra sekaligus menyerahkan hasil tes tersebut kepada bapaslon yang diwakili Liaison Officer (LO) masing-masing. Hasilnya, semua bapaslon pilgub dinyatakan memenuhi syarat lolos tes kesehatan.

Saat penyerahan hasil pleno, tak dihadiri semua LO bapaslon. Terlihat hingga pleno usai dan ditutup, hanya LO dari bapaslon Asrun-Hugua dan LO dari bapaslon Rusda Mahmud-Sjafei Kahar yang hadir. Sedangkan, perwakilan atau LO dari bapaslon Ali Mazi-Lukman Abunawas absen. Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan, hasil pemeriksaan tes kesehatan berbeda dengan syarat calon lainnya, yang masih bisa diperbaiki dan masih ada waktu untuk dilengkapi. Tapi jika tes kesehatan tidak memenuhi syarat, maka bakal calon tersebut dianggap gugur. Maka sesuai Pasal 54 ayat 4 Peraturan KPU Nomor 3/ 2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, yang bersangkutan bisa diganti oleh partai pengusung.

Begitu juga, jika bakal calon gugur karena tak memenuhi syarat kesehatan jasmani dan rohani serta positif narkotika, maka yang bersangkutan bisa digantikan dengan calon yang baru. “Syarat pencalonan dan tes kesehatan semuanya memenuhi syarat,” jelasnya saat pleno dan menyampaikan kepada LO bapaslon cagub-cawagub Sultra, Rabu (17/1).

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top