Pariwara
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Maksimalkan Layanan Capil

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (berdiri) didampingi Kadisdukcapil, H. Rustam Silondae (kanan) dalam peresmian gedung baru pelayanan kependudukan, rabu (17/1). Foto: Kamaluddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.POS.CO.ID — Pembenahan untuk peningkatan layanan pencatatan sipil (Capil) bagi masyarakat, semakin dimaksimalkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel). Rabu (17/1), Bupati, H. Surunuddin Dangga meresmikan gedung pelayanan Capil berbasis sistem informasi administrasi kependudukan. Gedung tersebut merupakan salah satu pendukung dalam memberikan pelayanan prima dan memudahkan serta menciptakan tertib administrasi kependudukan di wilayahnya.

“Ini juga sesuai visi misi kita dalam rangka meningkatkan pelayanan publik lebih maksimal, ” katanya. Konsel-1 itu berpesan khususnya pada masyarakat agar menghindari calo dalam pengurusan data kependudukan. “Silahkan mengurus sendiri data kependudukannya seperti KTP, KK dan akta. Karena pemerintah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah memberikan kemudahan dalam proses penerbitan data. Tidak perlu menunggu lama. Jika hari ini diurus dan terpenuhi kelengkapan administrasinya, maka hari itu juga bapak ibu dapat menerima hasilnya,” tegas Surunuddin.

Ia kembali mengingatkan tentang pentingnya data kependudukan seperti KTP. Sebab semua sektor membutuhkan kartu identitas kependudukan tersebut, termasuk dalam pengurusan program pemerintah seperti PKH, BPJS serta bantuan kemiskinan lainnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsel, H. Rustam Silondae, menjelaskan, sistematika pengurusan akta kependudukan di instansinya adalah model 3 in 1. “Hanya satu formulir isian untuk penerbitan tiga dokumen berupa KK, KTP dan akta. Itulah salah satu proses pelayanan yang diberikan dengan maksimal. Sampai saat ini masyarakat yang memilik akta kelahiran sudah mencapai 82 persen. Sementara KTP telah 90 persen. Semoga dengan adanya fasilitas baru ini bisa lebih dimaksimalkan,” tandas Rustam Silondae. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top