Pariwara
Bau-bau

BPBD Baubau Siapkan 100 Paket Bantuan

BPBD Baubau

KENDARIPOS.CO.ID — Antisipasi dan siaga terhadap bencana sudah mulai dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau. Daerah itu dianggap rawan kebakaran, tanah longsor hingga banjir yang merendam pemukiman serta lahan persawahan warga. Tahun ini, bantuan dari pemerintah pusat yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Baubau sebagai instansi teknis.

Hanya saja bantuan bukan dalam bentukan dana segar, melainkan barang yang sudah dipaketkan. Kepala BPBD Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali mengaku, bantuan dari pemerintah pusat tersebut sudah disalurkan sejak Desember 2017 lalu. “Seluruhnya dalam bentuk barang yang dikemas dalam peti. Setiap peti berisi satu paket barang mulai dari makanan, pakaian, alat masak, karpet dan lainya. Total keseluruhan, ada 100 peti bantuan yang telah ada dan kita terima untuk persiapan tahun ini,” kata Muslimin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/1).

Untuk bantuan bencana yang ditangani pihaknya, hanya yang bersumber dari APBN. “Untuk penyaluran, tidak harus mengurus administrasi. Yang penting, bersangkutan mengalami bencana dan mengakibatkan kerugian rumah dan lainnya, maka langsung kita beri bantuan. Satu kepala keluarga biasa kami jatah satu paket bantuan,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebenarnya untuk bantuan dana segar bagi korban bencana juga disiapkan pemerintah pusat. Hanya saja, untuk mendapatkan itu, prosedurnya cukup rumit. Sementara waktu yang diberikan untuk melakukan pengurusan, tidak lama.  “Kalau bantuan yang bersumber dari APBD, itu dikelola pihak sekretariat kota. Selain itu, dari Dinas Sosial juga ada. Hanya saja sifatnya tanggap darurat. Artinya bantuan barang yang disiapkan hanya untuk porsi satu minggu,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top