Pariwara
Kolaka Timur

Tony: Pemerintah Desa Harus Berinovasi

H. Tony Herbiansyah

KENDARIPOS.CO.ID — Gelontoran anggaran dari pemerintah pusat dan daerah bagi pertumbuhan ekonomi serta infrastruktur desa, cukup besar. Harapannya agar perkembangan desa bisa lebih cepat. Dengan kebijakan tersebut, Bupati Kolaka Timur (Koltim), H. Tony Herbiansyah, meminta agar 117 kepala desa (Kades) mengajak masyarakat untuk berinovasi. “Mestinya perkembangan desa sudah lebih terlihat, karena ditopang bantuan anggaran pendapatan belanja nasional yakni dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) dari Pemkab Koltim. Kini tinggal bagaimana kreativitas masing-masing pemerintah desa saja,” tantang Tony Herbiansyah, selasa (16/1).

Ia berharap, para Kades meningkatan pemberdayaan pada masyarakat. Memberi peran pada warga dalam mengembangkan badan usaha milik desa (BUMDes), hingga menumbuhkan kreativitas pemuda dalam membuka lapangan kerja. “Adanya DD dan ADD di desa harus berdampak besar dan terlihat nyata serta dinikmati masyarakat,” tegas mantan Kepala BKD Provinsi Sultra tersebut.

Tony mengingatkan agar Kades melibatkan semua aparat desa dalam merumuskan program prioritas di pemerintahan masing-masing. Sehingga program perencanaan lebih matang, diterima masyarakat dan tepat sasaran. “Para Kades harus melihat potensi yang bisa dikembangkan. Bisa menciptakan produk baru bernilai ekonomis sehingga menghasilkan pendapatan bagi desa,” tandasnya. (c/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top