Pariwara
Hukum & Kriminal

Tekan Peredaran Narkoba, Polres Muna Hadirkan Rumah Edukasi

BERANTAS : Kapolres Muna AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga meninjau Rumah Edukasi Anti Narkoba. Rumah itu didedikasikan untuk memberantas dan menekan peredaran serta penyalahgunaan narkoba di Muna. Foto : YAFRUDDIN YADDI / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Tingkat peredaran narkoba di Kabupaten Muna cukup tinggi. Polres Muna berkomitmen memberantas dan menekan peredaran serta penyalahgunaan narkoba. Upaya sosialisasi dampak penyalahagunaan narkoba intens dilakukan. Bahkan Kapolres Muna AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga “menyulap” sebuah bangunan di Mapolres menjadi “Rumah Edukasi Anti Narkoba”.

Selasa (16/1) pagi, Kapolres Muna mengajak awak media yang bertugas di Kabupaten Muna. Kapolres dan wartawan bergerak ke sebuah bangunan berwarna terang yang berada dalam kompleks Mapolres. Sekilas, bangunan itu mirip rumah tinggal. Setelah dilihat lebih detail, bangunan itu rupanya media yang diproyeksikan menjadi penunjang utama dalam upaya pemberantasan narkoba di wilayah Muna. Plang dengan bentuk font besar bertuliskan “Rumah Edukasi Anti Narkoba”.

Dibagian dalam bangunan, terdapat berbagai kolase medium yang bersifat informatif terpampang di dinding. Regulasi tentang narkoba hingga ketentuan pidana yang tersaji dalam frame berukuran besar. Di bagian tengah ruangan, sebuah alat peraga yang menampilkan organ tubuh yang berpotensi rusak akibat narkoba. Pada bagian lain, disajikan sejarah singkat masuknya narkoba di Indonesia. AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga mendedikasikan rumah anti narkoba itu untuk penyelematan generasi muda di Muna dari belenggu narkoba. Kata dia, eksistensi rumah edukasi ini untuk mengenalkan dan menyosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkotika kepada masyarakat khususnya anak-anak dan remaja.

“Rumah edukasi ini sangat penting untuk diketahui masyarakat. Beberapa hari lalu, kami mengajak anak-anak sekolah ke rumah edukasi ini agar mereka tahu tentang bahaya menggunakan narkoba,” ujar AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga, Selasa (16/1). Kapolres enggan bergerak sendiri menyelamatkan generasi di Muna dari kungkungan narkoba. Komunikasi dan koordinasi terus dibangun dengan berbagai elemen, utamanya Pemkab Muna dan Muna Barat yang masuk wilayah hukum Polres Muna. “Rumah edukasi ini masih membutuhkan banyak tambahan fasilitas. Karena itu kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Muna, LM Rusman Emba. Dan kami juga sudah koordinasi dengan Pemda Muna Barat,” ungkapnya.

Kata dia, khusus di Muna untuk masalah penyalahgunaan narkotika sekira 2 persen, 98 persen masyarakatnya masih bebas dari kasus narkotika. “Saya ingin mengajak yang 98 persen masyarakat Muna yang bebas dari penyalahgunaan narkotika untuk berkunjung ke rumah edukasi ini. Semoga dengan adanya rumah edukasi ini masyarakat bisa tahu tentang bahaya narkoba dan menjauhkan diri dari narkoba,” pungkasnya. (yaf/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top