Pariwara
Politik

Seleksi Perekrutan PPL Rampung, Hari ini Konut Lantik 168 PPL dan 133 Koltim

Abdul Makmur

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melalui proses panjang perekrutan panitia pengawas lapangan (PPL), akhirnya dituntaskan oleh Panwas Kabupaten. Dari jumlah pendaftar sebanyak 279 orang, 168 orang dinyatakan layak untuk dilantik menjadi anggota PPL yang akan mengawasai demokrasi ditingkat desa. Jika tak ada aral, besok sebanyak 168 orang akan dilantik sebagai anggota PPL.

“Insya allah besok kita lantik anggota PPL, ada 168 orang yang akan kita lantik,”ujar Ketua Panwas Kabupaten Konut, Abdul Makmur di ruang kerjanya selasa (16/1).

Jumlah PPL itu kata Abd Makmur, disesuaikan jumlah panitia pemungutan suara (PPS) yang direkrut oleh KPUD Konut sebanyak 168 desa. Maka sebanyak itu PPL direkrut berdasarkan kebutuhan. “Rencana pelantikan akan dilangsungkan diaula Anawai Ngguluri Pemda Konut,”ujarya.

Abdul Makmur menambahkan dalam pelantikan yang akan dilangsngkan besok, juga akan dirangkaikan dengan bimbingan teknis (Bintek) PPL yang akan bertugas dilapangan dalam mengawasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sultra.

“Bintek yang dilaksanakan itu untuk memberikan penguatan dan pemahaman dalam pelaksanaan tugas tugas pengawasan dilapangan ketika mereka bekerja nanti,”ujarnya.

Terpisah, Ketua Panwas Kecamatan Lasolo, Edison Peokodoh menambahkan untuk jumlah pendaftar PPL dikecamatan Lasolo sebanyak 30 orang. Namun dalam perjalannya, ada beberapa pendatar yang tidak mengembalikan berkas. Bahkan terdapat pendaftar yang mengembalikan berkas tidak memenuhi syarat umur yang sudah ditetapkan.

“Jadi yang ikut tes wawancara selanjutnya tinggal 25 orang saja. Dari hasil tes itu mengkrucut dan dinyatakan untuk dilantik sebagai anggota PPL dikecamatan Lasolo tinggal 15 orang. Itu sesuai hasil pleno penetapan yang dilakukan oleh Panwas Kecamatan Lasolo,”ujar mantan anggota PPK Kecamatan Lasolo itu.

Edison Peokodoh menambahkan kelima belas anggota PPL yang sudah dinyatakan lolos diminta untuk profesional dalam bertugas dilapangam dalam melakukan pengawasan. “Perekrutan yang dilakukan sudah sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Saya berharap PPL bekerja maksimal dan profesional,”pintanya.

Seleksi perekrutan PPLKolaka Timur (Koltim) pun telah berakhir. Sebanyak 133 peserta dinyatakan lulus. Sesuai jadwal pelantikan perangkat pengawasan yang bertugas di desa/kelurahan hari ini di aula kantor DPRD Koltim.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Koltim, Rusnyati Nur Rakibe mengatakan tahap seleksi wawancara telah rampung. Dari hasil seleksi, 133 diantaranya dinyatakan lulus. Para PPL ini akan bertugas mengawasi jalan tahapan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra.

“Jika tidak ada kendala, Pak Bupati akan hadir melakukan pelantikan. Rencananya, pukul 09.00 Wita acaranya sudah dimulai. Mudah-mudahan, besok (hari ini) pelantikan berjalan lancar sesuai rencana,” katanya selasa (16/1).

Dalam waktu dekat, PPL akan bertugas mengawasi pemutakhiran data yang dilakukan PPDP desa dan kelurahan. Bila merujuk pada agenda Komisi Pemilihan Umum (KPU), PPL mulai mengawasi pemutakhiran data mulai tanggal 20 Februari 2018.

“Tugas pertama mereka akan melakukan pengawasan terhadap PPDP. Kami berharap proses pemutakhiran data di lapangan bisa menghasilkan data yang benar-benar valid dan akurat,” pungkasnya Rusnyati. (b/kus/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top