Notice: Undefined variable: amazondisplaywidget in /home/kendaripos/public_html/wp-content/plugins/wp-auto-affiliate-links/aal_engine.php on line 503
Pariwara
Metro Kendari

Sekprov Sultra: Plt. Gubernur Minta Fatwa Kemendagri


Notice: Undefined variable: amazondisplaywidget in /home/kendaripos/public_html/wp-content/plugins/wp-auto-affiliate-links/aal_engine.php on line 503

Lukman Abunawas

KENDARIPOS.CO.ID — Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Lukman Abunawas sudah mengikuti rangkaian tes menuju Pilgub Sultra. Ia sudah mengajukan surat pengunduran dirinya ke BKN untuk diberhentikan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Masa tugasnya sebagai Sekda Provinsi Sultra akan berakhir 12 Februari, bertepatan dengan penetapannya sebagai salah satu calon di bursa Pilgub Sultra.

Olehnya itu, kursi yang akan ditinggalkan Lukman Abunawas harus diisi pada hari yang sama ketika meninggalkan ruang kerjanya.  Dikonfirmasi hal tersebut, Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata mengaku sudah mengetahui adanya surat permohonan mundur sekda provinsi itu.  Hanya saja, Saleh Lasata belum memastikan langkah apa yang akan diambil untuk mengisi kekosongan kursi sekprov itu. Apakah melalui penunjukan pelaksana tugas (Plt) atau pelaksana harian (Plh). Mengingat masa jabatannya sebagai Plt. Gubernur Sultra juga akan berakhir kurang dari seminggu lowongnya kuris sekprov itu.

Saleh Lasata masih akan meminta fatwa dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelum memutuskan soal pengganti Lukman Abunawas. “Saya masih harus konsultasi dulu ke Kemendagri. Saya akan tanyakan ke Dirjen Otonomi Daerah, sebab ini jabatan strategis dan masa jabatan saya juga akan berakhir. Jadi tidak bisa saya ambil keputusan tanpa konsultasi dulu,” ujar Saleh Lasata, Selasa (16/1).

Jika disetujui, Saleh Lasata akan menunjuk Plt. Sekprov terlebih dulu. Namun jika diinstruksikan untuk mempersiapkan Sekprov definitif, itu artinya asesmen harus segera digelar. Bila keduanya tidak bisa karena alasan masa jabatan Plt. Gubernur Sultra juga akan berakhir maka jalan satu-satunya adalah pelaksana harian. “Intinya saya minta izin dulu. Saya ndak berani langsung main tunjuk saja,” tegas manta Bupati Muna itu.

Terkait siapa saja pejabat eselon II yang dibidik untuk menduduki kursi Sekprov, Saleh Lasata juga belum menyebutkan. Yang jelas dari segi ketersediaan sumber daya manusia (SDM), Pemprov memiliki banyak pejabat mumpuni. Ada banyak pejabat eselon II yang sudah memenuhi syarat untuk menjadi Sekprov. “Bisa juga asisten. Pokoknya nanti setelah konsultasi saya kasih tahu wartawan,” pungkas Saleh Lasata. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top