Pariwara
Bombana

Pengusaha Walet di Bombana Harus Punya Dua IMB

Ilustrasi Walet

KENDARIPOS.CO.ID — Rumah sekaligus sarang burung walet, kini sedang menjamur di Kabupaten Bombana. Pemandangan rumah sarang burung walet buatan tersebut dapat dilihat ketika masuk sejak kilometer pertama Kabupaten Bombana. Sayangnya para pelaku bisnis tersebut banyak yang belum memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). Padahal sektor itu dapat memberi kontribusi besar bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Bombana, Pajawa Tarika. Ia menjelaskan, bangunan sarang burung walet harusnya memiliki dua IMB, yaitu bangunan rumah dan tempat usaha. “Hampir semua bangunan sarang burung walet itu di lantai dua dan di bawah rumah warga. Jadi harus ada dua IMB dan berbeda kategori, biasa dan usaha. Bangunan usaha itu memiliki hasil yang nantinya akan masuk sebagai pajak daerah,” jelasnya, selasa (16/1).

Pajawa Tarika juga menjelaskan, untuk bangunan sarang burung walet ada dua instansi yang melakukan pengutipan retribusi. Dinas yang dipimpinnya serta dan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD). “Kami memungut retribusi dua IMB dan BPPRD mengutip pajak dan retribusi hasil dari sarang walet. Jadi dengan bumingnya pengusaha burung walet di Bombana ini dapat mendongkrak PAD. Namun tentunya dibarengi dengan kesadaran para pengusahanya dengan aturan yang ada. Kami minta pengusaha sarang burung walet ini mau bekerja sama,” harapnya.

Pihaknya akan mengawasi seluruh pelaku usaha burung hitam dengan omset besar tersebut, dengan melakukan pendataan dan penertiban kepemilikan IMB. ” Kami sosialisasikan dulu, selanjutnya dilakukan penertiban. Masih banyak pelaku usaha itu hanya punya satu IMB saja, dengan alasan satu gedung. Memang satu gedung, tapi memiliki dua fungsi yaitu rumah biasa dan rumah usaha,” tegasnya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top