Pariwara
Konawe

Lima Puskesmas di Konawe Segera Diakreditasi

Muh. Aris

KENDARIPOS.CO.ID — Pelayanan kesehatan sebagai ujung tombak pengabdian pada masyarakat, terus dibenahi oleh pemerintah pusat maupun daerah. Proses akreditasi diharapkan menjadi indikator akan kualitas layanan kesehatan yang semakin baik, sehingga Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe, berupaya mengusulkan semua Puskesmas bisa diakreditasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sayangnya, tahun ini baru lima Puskesmas yang akan terakreditasi.

Kepala Dinkes Konawe, Muh. Aris menyebutkan, lima puskesmas yang harus mempersiapkan akreditasi tahun ini, berada di Wonggeduku, Amonggedo Baru, Kapoiala, Tawanga dan Sampara. Untuk mendapatkan predikat akreditasi, kelima layanan kesehatan tersebut harus memenuhi beragam indikator. Mulai dari sumber daya manusia (SDM), fasilitas, pelayanan, kenyamanan pasien dan beberapa syarat lain dari Kemenkes.

“Kita target sepuluh Puskesmas tahun ini, tapi yang masuk di kemenkes hanya lima. Tapi tidak ada masalah, walaupun belum semua akan diakreditasi, namun pelayanan kesehatan di daerah pelosok akan terus kita tingkatkan, supaya masyarakat sehat dan siap bekerja membangun Konawe,” jelasnya, Senin (15/1).

Sejauh ini baru dua Puskesmas yang sudah terakreditasi yakni Unaaha akreditas dasar dan Abuki akreditasi madya. Sementara itu, masih ada tiga Puskesmas yang telah diakreditasi tahun lalu, namun belum ada hasil. “Ada tiga yang sedang menunggu akreditasi, yakni Puskesmas Pondidaha, Wawotobi dan Onembute,” sebutnya.

Puskesmas memang harus memiliki standar pelayanan berkualitas, sehingga akan ada kemajuan, seperti gedung, kelengkapan obat-obatan, cara berkomunikasi dengan pasien, hingga ruang rawat inap. “Ini memang sangat penting dan semua Puskesmas akan lebih baik kalau terakreditasi, sebagai indikator untuk meningkatkan kualitas pelayanan di daerah,” tandasnya. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top