Pariwara
Nasional

Antisipasi Harga Beras Naik Jelang Panen, Satgas Pangan Cek Rantai Distribusi

Irjen Setyo Wasisto

KENDARIPOS.CO.ID — Satgas Pangan Polri bakal memeriksa rantai distribusi beras. Targetnya, mengetahui kemungkinan adanya gangguan distribusi menjelang masa panen. ”Saat ini tengah diselidiki bagaimana rantai distribusi beras. Apakah ada gangguan yang mengakibatkan kenaikan harga. Kalau ada gangguan, kami koordinasi dengan instansi terkait,” kata Kasatgas Pangan Irjen Setyo Wasisto selasa (16/1).

Biasanya, lanjut dia, kenaikan harga terjadi karena kelangkaan barang. Masalahnya, hingga saat ini tidak ada laporan dari Satgas Pangan daerah soal penyimpangan distribusi yang menyebabkan kelangkaan. Misalnya penimbunan beras skala besar. ”Kami belum dapat, perlu dicek itu,” ujarnya.

Menurut dia, setelah panen tentunya masih mebutuhkan proses agar beras itu bisa untuk dijual. ”Tidak bisa langsung dijual, kan gabah dulu,” terangnya. Apakah panen beras itu kurang? Dia mengatakan bahwa belum bisa mengambil kesimpulan semacam itu. Satgas Pangan saat ini akan berkoordinasi dengan kementerian lain lebih dulu. ”Kalau untuk stok itu bukan kewenangan Satgas, tapi kementerian,” imbuhnya.

Meski begitu, Setyo berharap berbagai langkah yang telah dilakukan pemerintah bisa menekan kenaikan harga. ”Kan ada berbagai operasi pasar,” tambah mantan Wakabaintelkam tersebut. Hingga saat ini, belum diketahui dengan pasti penyebab kenaikan harga beras. Kondisi itu berbeda dengan masalah pangan yang biasa terjadi. Misalnya untuk kasus kenaikan cabai rawit merah yang naik hingga Rp 100 ribu tahun lalu.

Saat itu diketahui bahwa cabai rawit merah tersedot ke industri. Hal itu dikarenakan industri mematok harga tinggi. Kondisi makin parah dengan adanya dugaan monopoli yang dilakukan dalam distribusi cabai rawit merah. Jumlah tengkulak besar yang menguasai distribusi cabai rawit merah se-Jawa dan Bali tidak lebih dari sepuluh orang. Sejumlah industri berbahan cabai rawit merah juga sempat diperiksa terkait masalah tersebut. (oki/jpg)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top