Pariwara
Kolaka

Antisipasi Banjir Susulan, Bendungan Oneha di Kolaka Dibenahi

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei (kiri) ketika meninjau penataan Bendungan Oneha di Kecamatan Tanggetada pascabanjir pekan lalu. Foto: Zulfadly Nur/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Banjir yang merendam Desa Oneha, Kecamatan Tanggetada pada pekan lalu langsung mendapat respon dari Pemkab Kolaka. Sejumlah alat berat dikerahkan untuk membenahi Bendungan Oneha yang telah mengalami pendangkalan. Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei yang turun langsung memantau proses pengerjaan Bendungan Oneha mengatakan, selain hujan deras, salah satu penyebab banjir di desa itu karena pendangkalan.

Ia memerintahkan instansi terkait untuk melakukan upaya pencegahan agar bencana banjir tak kembali terjadi. “Jadi karena bendungan tersebut mengalami pendangkalan sehingga tak lagi mampu menampung air saat terjadi hujan. Saya sudah perintahkan pihak Dinas PU untuk membuat tanggul serta melakukan pengerukan material di bendungan,” ujarnya, Selasa (16/1).

Safei berharap, dengan upaya tersebut, maka bencana banjir tidak kembali terjadi di Desa Oneha. Ia juga mengimbau warga untuk menjaga lingkungan. Sebab menurutnya, penyebab terjadinya bencana banjir karena ulah manusia yang merusak lingkungan. Untuk diketahui, hujan deras yang terjadi pekan lalu menyebabkan Sungai Oneha meluap sehingga menyebabkan banjir di desa tersebut. Akibat bencana itu, 35 rumah warga, 125 hektare lahan pertanian, serta 75 hektare tambak udang milik warga terendam. Diperkirakan, kerugian mencapai ratusan juta rupiah. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top