Pariwara
Buton Tengah

75 Koperasi di Buteng Didesak Tuntaskan Laporan Keuangan

Asiruddin

KENDARIPOS.CO.ID –Puluhan koperasi yang masih aktif melaksanakan kegiatan perekonomian di Buton Tengah (Buteng) diminta menuntaskan laporan keuangannya. Sebab laporan tersebut akan dijadikan dasar untuk mendapatkan bantuan dari Kementerian Koperasi. Kadis Koperasi Buteng, Asiruddin, mengatakan, lembaga dinyatakan aktif melakukan kegiatan adalah yang sudah mengantongi nomor induk koperasi (NIK). Untuk koperasi yang aktif beroperasi di Buteng saat ini kurang lebih 75 unit. Hanya saja, semua koperasi tersebut belum ada yang mengantongi sertifikat.

“Syarat bagi koperasi yang memiliki NIK dan belum mendapat sertifikat adalah menyampaikan laporan keuangan mereka. Untuk 75 koperasi yang ada di Buteng belum ada yang menyerahkan laporan ke Kementerian Koperasi. Bahkan, ini sudah berlangsung dalam dua tahun terakhir, olehnya itu kami meminta mereka untuk menuntaskan,” ungkapnya, selasa (16/1).

Asiruddin menjelaskan, dengan mengantongi NIK, maka data koperasi yang aktif tersimpan di kementerian. Dengan demikian, koperasi yang bersangkutan bisa mengakses langsung berbagai bantuan yang ada di pusat. Peran Dinas Koperasi hanya mengarahkan dan mengawasi pengelolaan dan kegiatan di daerah.

“Olehnya itu, ada beberapa koperasi aktif yang saat ini sedang menyusun laporan keuangannya. Kalau tidak dilakukan, mereka tak mendapat bantuan, meski memiliki NIK,” jelasnya.

Asiruddin mengungkapkan, untuk 2018 ini pihaknya akan meningkatkan sosialisasi dan pembinaan pada koperasi aktif. “Kami akan berupaya agar 75 koperasi aktif ini bisa menuntaskan laporan keuangannya,” tandasnya. (c/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top