Pariwara
Muna

11 Ribu Wisatawan Ditarget Masuk Muna

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pengembangan wisata di Muna terus dimaksimalkan. Sejumlah destinasi unggulan seperti Meleura, Towea dan Gua Liangkabori semakin dibenahi. Upaya itu untuk mencapai target kunjungan hingga 11 ribu wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata, Dahlan Kalega, mengatakan, terdapat 73 destinasi wisata di Bumi Sowite yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Hanya saja, belum semua dapat dikembangkan mengingat terbatasnya anggaran. Kunjungan wisatawan masih berfokus pada Meleura, Napabale, Walengkabola dan Towea. “Mungkin kami fokus pengembangan di wisata unggulan tadi,” ujarnya, Selasa (16/1).

Ia menyebutkan, dengan potensi yang ada, sebenarnya angka 11 ribu wisatawan tidak mustahil dicapai. Hanya saja, memang diakui promosi wisata di Muna belum maksimal. Upaya ini baru dilakukan pada era kepemimpinan Rusman Emba. “2017 kita baru 7.000 wisatawan. Kita akan tingkatkan ke depan,” sambungnya.

Bagaimana menggenjot promosi, ia mengaku akan semakin giat berkampanye melalui banyak cara. Salah satunya, ia turut mengimbau masyarakat agar memasifkan media sosial untuk promosi wisata di Muna. “Memang wisata dan media tidak bisa dipisahkan. Ke depan kita akan lebih akrab dengan facebook, instagram ataupun media promosi lain,” tuturnya.

Soal dukungan anggaran, ia belum mengetahui dengan pasti berapa porsi APBD untuk pariwisata. Pihaknya sempat berusaha meminta pendanaan melalui dana alokasi khusus senilai Rp 110 miliar. Hanya saja, alokasi yang diperoleh tahun ini hanya Rp 1,8 miliar. “Berapa yang ada, itu saja yang dimaksimalkan,” pungkasnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top