Pariwara
Konawe Selatan

Surunuddin Ingin Konsel Jadi “Surga” Wisata

Bupati Konsel Surunuddin Dangga (baju putih) bersama wakilnya Arsalim Arifin (baju hitam) berkunjung ke Desa Wisata Namu belum lama ini. Keduanya didampingi sejumlah pejabat lingkup Pemkab Konsel, camat hingga kepala desa setempat. Namu menjadi salah satu destinasi andalan Pemkab Konsel untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Foto: Kamal/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID –Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga bersama wakilnya Arsalim Arifin tak pernah berhenti mencari terobosan demi kemajuan daerah. Sejak dilantik tiga tahun lalu, keduanya mampu menggali segala potensi yang dimiliki daerah itu. Hasilnya, Konsel jauh lebih maju sekarang ini.

Setelah sukses membangun berbagai infrastruktur, seperti jalan, jembatan hingga perkantoran, kini fokusnya beralih ke sektor pariwisata. Dengan pengalaman dan kecerdasannya, Surunuddin melihat ke depan Konsel bisa menjadi “surga” wisata. Sebab, memiliki beberapa destinasi wisata yang indah dan saat ini sudah menjadi magnet bagi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Kami ingin Konsel bisa menjadi pusat kunjungan wisatawan. Makanya, berbagai destinasi wisata kita benahi. Termasuk infrastruktur penunjangnya juga dilengkapi,” ungkap Surunuddin Dangga, senin (15/1).

Saat ini, lanjut dia, ada tiga destinasi wisata yang dipoles yakni Desa Namu, Taman Rawa Aopa dan air terjun Moramo. Khusus Desa Namu, belum lama ini sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata. Desa yang bernaung di Kecamatan Laonti itu memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pasir pantainya, lautnya hingga air terjun, semua menawarkan pesona, sehingga setiap yang mengunjunginya akan “ketagihan” untuk kembali.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel sudah mengendus potensi tersebut. Bahkan terus memolesnya sehingga keindahannya makin terlihat. Infrastruktur maupun suprastrukturnya juga dibenahi, supaya memudahkan para pengunjung. Beberapa waktu lalu, Surunuddin didampingi Arsalim beserta beberapa pejabat Konsel mengunjungi langsung lokasi tersebut.

Menurut Surunuddin, pencananngan Namu sebagai Desa Wisata merupakan langkah strategis dalam mengangkat berbagai potensi daerah, supaya bisa menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hal ini juga secara tidak langsung akan memicu pertumbuhan ekonomi yang endingnya bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Ini bukti bahwa Surunuddin-Arsalim nyata dalam bekerja. Konsel ini kaya akan potensi alam. Dan semua sektor, mulai perkebunan, perikanan, peternakan hingga pariwisata semua digenjot. Kita ingin, tahun ini semua bisa dimaksimalkan lagi,” jelasnya.

Lebih jauh, mantan legislator Sultra memaparkan, potensi wisata di kecamatan Laonti begitu banyak. Bukan saja di Desa Namu, akan tetapi pihaknya ke depan sudah merancang tiga desa lainnya seperti Desa Tue-tue, Malaringgi, dan Batu Jaya sebagai daerah wisata yang tidak kalah memukau pesona dan potensi alamnya.

“Bahkan setelah Namu, ke depannya akan disusul desa Batu Jaya. Desa ini adalah satu-satunya desa yang masih terdapat hewan langka yakni Anoa. Sehingga ini akan ditetapkan desa penangkaran dan karantina binatang khas Sultra yakni Anoa,” katanya.

Untuk akses jalan darat, ke depan sudah menjangkau semua desa di wilayah Kecamatan Laonti.

“Tahun ini jalan sudah terbuka sekitar 6,1 kilometer. Ke depannya akan terus dimaksimalkan hingga semua dapat diakses dengan mudah,” jelasnya.

Politisi Golkar itu menambahkan, destinasi lain yang juga saat ini dikembangkan adalah Taman Rawa Aopa dan Air terjun Moramo. Beberapa waktu lalu dirinya juga berkunjung langsung di dua lokasi tersebut. “Sangat indah. Saya yakin kalau dipoles dengan bagus, maka semakin banyak orang tertarik datang,” optimisnya.

Lanjut dia, dulu Moramo dikelola desa, sekarang diambil alih pemkab. Untuk Rawa Aopa ada tiga fungsinya nanti, yakni sebagai pariwisata, pencanangan pohon sagu dan pelestarian ikan air tawar. “Semua ini kita harapkan bisa menjadi daya tarik wisatawan,” jelasnya.

Wakil Bupati Konsel Arsalim menambahkan, Selain tiga wisata itu, Pulau Hari juga menjadi perhatian untuk dibenahi. Ini dalam rangka mendukung program pemerintah pusat dan daerah. “Pengembangan sektor wisata tahun ini kita fokus pada beberapa destinasi yang ada. Diantaranya permandian Air Terjun Moramo dan Pulau Hari,” katanya.

Untuk meyakinkan wisatawan, Pemkab Konsel melalui Dinas Pariwisata akan fokus pada program pengembangan wisata di dua destinasi yang telah ada itu. Kata dia, pengembangan destinasi wisata seperti Pulau Hari dan Permandian Air Terjun Moramo sejalan dengan Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) dan sejalan dengan hasil koordinasi bersama Sekretaris Kementerian Pariwisata RI.

Tak hanya pariwisata sebenarnya, tapi hampir semua sektor dibenahi dan digenjot. “Sudah menjadi komitmen kami untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Konsel,” ujarnya. Mantan anggota DPRD Sultra ini menambahkan, sudah tiga tahun lebih memimpin Konsel bersama Arsalim, sudah banyak hal yang sudah dilakukan. Mulai fokus urus ketahanan pangan seperti jagung, padi dan kedelai. Kemudian peternakan sapi. “Kami sudah siapkan 400 hektare untuk pengembalaan sapi di Konsel, dan ini terbesar di Indonesia Timur,” jelasnya. Semua ini disiapkan sebagai komitmen pemkab dalam mendukung Konsel sebagai sentra bibit sapi secara nasional oleh kementerian pertanian (Kementan).

Dia menambahkan, lanjut mantan legislator Konsel ini, pihaknya juga telah mengembangkan infrastruktur, seperti jalan aspal sepanjang 100 kilometer dan tiga buah jembatan mega proyek. Termasuk pembangunan kantor bupati. Suami Hj Nurlin Surunuddin itu menambahkan, pihaknya juga terus berusaha memutuskan rantai kemiskinan di daerah itu. Salah satunya melalui program rehab rumah tidak layak huni (RTLH). Pemkab Konsel terus bersinergi dengan kementerian sosial melalui program Keluarga Harapan (PKH). Tahun ini PKH Konsel meningkat dari 18 ribu menjadi 21 ribu.

“Makanya saya bersama Arsalim berani pasang tagline Desa Maju Konsel Hebat. Namun demikian, sekali lagi saya sampai kan, untuk memaksimalkan itu, kami sangat mengharapkan dukungan dari media,” harapnya. (b/kam/ing)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top