Pariwara
Politik

PPDP Muna Siap Mutakhirkan Data Pemilih

Yuliana Rita

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan pemutakhiran data pemilih Pilkada serentak akan segera dimulai. Sesuai jadwal, panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) akan bekerja mulai 20 Januari hingga 18 Februari mendatang. Semua data penduduk pemilih potensial (DP4) yang diserahkan kementerian dalam negeri (Kemendagri) termasuk data pemilih tetap sebelumnya bakal diverifikasi.

Komisioner KPUD Muna, Yuliana Rita mengatakan sebanyak 563 orang PPDP telah direkrut untuk melaksanakan tahapan tersebut. Mereka akan bekerja dengan teliti untuk memastikan semua data pemilih terverifikasi dengan akurat. “PPDP kami sudah SK-kan tanggal 13 Januari senin (14/1). Mereka akan segera bekerja,” katanya saat disambangi di ruang kerjanya, Senin (15/1).

Proses pemutakhiran sendiri tambahnya, akan dilakukan secara door to door. PPDP akan melakukan pencocokkan satu per satu data calon pemilih. Data tersebut meilputi, usia, alamat, status pernikahan dan kaum difabel. “By name by adrees juga. Tetapi kalau yang bersangkutan terdaftar di C11 KWK, tetap akan diakomodir dalam bentuk,” sambungnya.

PPDP merupakan warga desa setempat dan sekaligus menjadi wilayah tugasnya. Setiap desa, kata Yuliana, jumlah PPDP tergantung pada seberapa banyak daftar pemilih sementaranya. “Kalau diatas 400 orang, PPDP dua orang,” sambungnya.

Hasil pemutakhiran data sendiri akan ditetapkan pada 13 sampai 19 April mendatang. Dengan demikian, jumlah DPT Muna yang pada Pilbup 2015 lalu sebanyak 162.607 orang, atau yang berdasarkan DP4 DP4 sebanyak 158.097 orang, masih bisa berubah. “Berapa DPT Muna untuk Pilgub, hasilnya ditetapkan April nanti,” pungkasnya. (b/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top