Pariwara
Politik

Pilkada 2018 Hanya Satu Putaran

Hidayatullah

KENDARIPOS.CO.ID — Bagi kandidat yang ingin menang di Pilkada 2018 harus tancap gas lebih awal. Pasalnya, pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 berbeda dengan Pilkada sebelumnya. Pada Pilkada tahun ini, penyelenggaraannya hanya satu putaran saja. Ini artinya, tidak ada peluang bagi kandidat untuk melakukan revans di putaran kedua. Meskipun hanya selisih satu suara, kandidat yang meraih suara terbanyak berpeluang tampil sebagai pemenang.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan ketentuan ini sejatinya sudah diterapkan pada Pilkada serentak pertama tahun 2016 lalu. Hanya saja, baru efektif pelaksanaannya tahun ini. Namun khusus untuk Pilkada DKI Jakarta penerapannya berbeda. Untuk Pilgub Jakarta tetap menggunakan dua putaran sebab pemenangnya harus memiliki dukungan 50 persen plus 1 suara.

Ketentuan ini kata mantan Ketua KNPI Sultra ini tertuang dalam UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada. Itu artinya, para kandidat harus maksimalkan kerja-kerja tim pemenangnya. Dalam UU disebutkan, pasangan calon (Paslon) kepala daerah (Kada) yang memperoleh suara terbanyak akan ditetapkan sebagai pemanang.

“Siapa yang paling banyak suaranya. dialah pemenangnnya. Satu suara saja mengalahkan yang lainnya, maka Paslon ini yang terpilih. Aturan ini berlaku pada Pilgub Sultra, Pilbup Konawe dan Kolaka dan Pilwali Baubau,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Senin (15/1).

Untuk itulah, mantan komisioner KPU Kota Kendari meminta para kontestan baik Pilgub maupun Pilkada tiga daerah dipersilahkan berkompetisi secara sehat. Meskipun sengit, namun harus sesuai koridor yang berlaku. Dalam melakukan sosialisasi, visi misi menjadi produk jualannya.

“Karena hanya satu putaran, maka berkompetisilah secara agresif dalam beradu program dan visi misi. Hal ini untuk menjaga kebersamaan, keamanan, kenyamanan, dan ketertiban masyarakat. Sebagai penyelenggara, kami siap memastikan pelaksanaan Pilkada serentak ini berjalan sukses dan aman,” ujar mantan aktivis Prodem ini. (b/wan)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top