Pariwara
Bombana

DPRD Janji Perda Miras Segera Ditetapkan

Andi Firman

KENDARIPOS.CO.ID — Pascapemusnahan minuman keras (Miras) tradisional maupun berlabel yang dilakukan aparat Polres Bombana, pekan lalu membuat DPRD Bombana mempercepat pembahasan peraturan daerah (Perda) peredaran zat cair beralkohol tersebut. Hingga kini, memang belum ada Perda atau regulasi yang jelas mengatur tentang peredaran Miras di daerah itu. Padahal sangat meresahkan karena dapat menimbulkan efek negatif bagi masyarakat.

Ketua DPRD Kabupaten Bombana, Andi Firman, mengakui, hingga kini memang belum ada regulasi yang mengatur peredaran Miras di daerah kendali Bupati, H. Tafdil itu. Ia berjanji, tahun 2018 ini Perda atau regulasi peredaran Miras akan segera diterbitkan. ” Sudah kami masukkan dalam program legislasi daerah (Prolegda). Nanti akan disusun secara terencana, terpadu dan sistematis berdasarkan metode serta parameter sesuai aturan yang belaku,” janjinya.

Perda itu juga menunggu respon masyarakat. Sebab hingga kini, izin Miras masih menuai pro dan kontra. “Ini timbul dari berbagai motif. Diantaranya, terdapat masyarakat yang memiliki izin penjualan seperti minuman impor,” paparnya. Sedangkan untuk peredaran minuman tradisional yang tak mendapat rekomendasi fermentasi dari Balai Perlindungan Obat dan Makanan (BPOM), juga berkaitan erat dengan salah satu mata pencarian warga. Karena masih banyak masyarakat yang menggantungkan hidup dengan pembuatan Miras tradisional.

“Kami harap ke seluruh masyarakat agar tidak beranggapan bahwa DPRD akan mengilegalkan peredaran Miras, dengan adanya perda nanti. Namun akan ada yang mengatur peredarannya sesuai dengan golongan Miras tertentu seperti daerah-daerah lainnya,” tandas Andi Firman. (b/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top