Pariwara
Konawe

320 Kayu Ilegal Tanpa Dokumen Diamankan di Konawe

KAYU ILEGAL : Perambahan hutan masih saja terjadi. Polres Konawe berhasil mengamankan ratusan batang kayu ilegal. Sopir dan kayu yang diamankan kini ditahan di Mapolres Konawe. Foto: Helson Mandala Putra/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus pembalakan kayu liar terus terjadi di Kabupaten Konawe. Kali ini, Unit Reskrim Polres Konawe kembali mengamankan 320 batang kayu berbentuk balok yang diduga hasil pembalakan liar.

Kapolres Konawe, AKBP Muh Nur Akbar melalui Kasat Reskrim Polres Konawe, Iptu Rachmat Zam Zam mengatakan kayu tanpa dokumen resmi itu dimuat mengunakan truk bernomor polisi DT 9939 UA. Truk beserta sopirnya, Muhamad Apdian telah diamankan oleh Satreskrim Polres Konawe.

“Truk bermuatan kayu sebanyak 320 batang itu kita cegat di jalan poros Kecamatan Tongauna. Rencananya, mereka akan mengangkut kayu itu ke bangsal milik IR di Kelurahan Tuoy, Kecamatan Unaaha. Tapi, karena tidak ada bukti kepemilikan kayu, maka kami harus mengamankan, dan akan memanggil pemilik kayu. Kini, sopir beserta truknya, telah diamankan di Polres Konawe guna pengembangan lebih lanjut,” ujar Iptu Rachmat Zam Zam, Senin (15/1).

Lanjut Iptu Rachmat, saat ini penyidik juga telah melakukan koordinasi dengan pihak kehutanan untuk menindak lanjuti pengangkutan kayu tanpa dokumen tersebut. Selain itu, setelah pemeriksaan sopir, mereka punya waktu beberapa hari untuk membuktikan kepemilikan kayu, sebelum ditangani lebih lanjut.

“Ada waktu penanganan ilegal logging selama 3 hari untuk pembuktian asal usul. Nah, kalau kayu itu masuk dalam kawasan hutan, maka kita terapkan UU No 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan. Kalau dari kebun masyarakat, kita limpahkan ke Dinas Kehutanan,” pungkas Iptu Rachmat Zam Zam. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top