Pariwara
Metro Kendari

Verifikasi Aset SMA Hampir Rampung, Tersisa Pemkab Konsel Belum Tuntas

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Harapan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra untuk menuntaskan proses pengalihan aset SMA tahun 2017 belum terwujud. Upaya memanggil daerah-daerah yang masih menyisakan masalah dalam verifikasi asetnya belum membuahkan hasil maksimal. Namun, Januari ini, BPKAD Sultra berkomitmen urusan itu bisa selesai. Kini tersisa Kabupaten Konawe Selalan belum tuntas.

Hal itu dibenarkan Kepala Bagian Aset BPKAD Provinsi Sultra, Harsid. Ia menjelaskan bahwa karena alasan kesibukan akhir tahun terkait pencairan anggaran dan penyelesaian kegiatan di tahun berjalan, Pemda Konsel belum menyelesaikan masalah aset itu. “Yang lain sudah selesai, tinggal Konsel. Kita sudah beberapa kali panggil untuk mengarahkan bagaimana seharusnya, tapi kayaknya sibuk akhir tahun juga. Jadi belum selesai,” ujar Harsid, saat dihubungi Minggu (14/1).

Salah satu masalah yang masih menghambat penyerahan aset SMA dari kebupaten ke pemerintah provinsi itu khususnya adalah soal data yang masih gelondongan. Belum ada pemisahan aset SD, SMP dan SMA. “Datanya itu belum jelas. Masih gelondongan, makanya harus kita perjelas dulu. Kita akan panggil lagi, secepatnya harus kita selesaikan ini,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala BPKAD Sultra, Hj. Isma mengatakan aset SMA harus rampung sebelum penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017. Bila tidak, itu akan mengancam opini Wajar Tanpa Pengecualian yang diraih Pemprov selama 4 tahun berturut-turut. “Jelas berpengaruh, karena itu sudah masuk laporan kita. Aset SMA itu diserahkan sejak 2016 lalu dan tetap akan menjadi item pemeriksaan juga nanti,” ungkapnya.

Belum lagi, aset SMA itu sudah menjadi catatan khusus yang diberikan oleh BPK pada pemeriksaan LKPD 2016. Sesuai jadwal, Pemda sudah harus menyerahkan LKPD itu 3 bulan setelah APBD tahun berjalan diketuk. Itu artinya Maret mendatang laporan dimaksud sudah harus rampung dan dibahas bersama dewan sebelum diserahkan ke BPK untuk diaudit. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top