Pariwara
Buton Tengah

Investor Lirik Batu Gamping Buteng

Samahuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi batu gamping (batu kapur) yang ada di wilayah Buton Tengah (Buteng) ternyata mulai menarik perhatian investor. Terbukti, akhir pekan lalu, salah satu penanam modal berskala nasional menemui Bupati Buteng, H. Samahuddin di ruang kerjanya. Mereka menyatakan keinginan untuk menanamkan modal untuk pengolahan batu yang dikenal dunia dengan sebutan limestone.

Bupati Buteng, H. Samahuddin mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi keinginan investor untuk masuk di daerah itu. Rencananya, mereka mau berinvestasi pada pengelolaan batu gamping yang ada di Mawasangka Tengah. Pasalnya, kadar batu kapur yang tersebar pada delapan daerah di Mawasangka Tengah lebih dari 90 persen.

“Delapan wilayah yang kami maksud adalah Watorumbe Bata, Watorumbe, Gumanano, Gundu-Gundu, Lakorua, Lantuko Bari, Lantomo dan Morikana. Kami rasa pengolahan batu gamping bisa dilaksanakan secepatnya, agar manfaatnya bisa dirasakan masyarakat,” ungkap Samahuddin, akhir pekan lalu.

Hanya saja, nilai investasi yang akan ditanamkan untuk pengolahan limestone itu tidak disebutkan secara pasti. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buteng harus memastikan proses investasi bisa dilakukan. Olehnya itu, Pemkab berupaya memberikan kemudahan untuk izin bagi pengusaha tersebut.

“Kami belum bicara nilai investasi ini, karena kalau hal ini terwujud tentu akan menguntungkan masyarakat. Olehnya itu, selama tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku, izin investasi akan lebih dipermudah. Kami juga akan mendukung kegiatan ini selama mereka memenuhi izin yang disyaratkan,” jelasnya.

Samahuddin mengungkapkan, pihaknya sudah meminta pada investor agar mereka memberdayakan masyarakat setempat. Artinya, tenaga kerja yang digunakan dalam pengolahan batu gamping tersebut adalah warga Buteng, utamanya di Mawasangka Tengah. “Hal ini tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita. Kegiatan ekonomi bisa tumbuh dengan baik,” tutupnya. (c/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top