Pariwara
Wakatobi

Enam Kecamatan di Wakatobi Minim Fasilitas Kebershian

Jaemuna

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai daerah wisata, kebersihan harusnya menjadi prioritas bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi. Agar sampah tidak berserakan di mana-mana, dua wilayah telah dibekali tong sampah yakni di Kecamatan Wangiwangi dan Wangiwangi Selatan (Wangsel). Sementara enam kecamatan lainnya baru akan diprogramkan pada tahun mendatang.

Tahun ini, Pemkab Wakatobi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan pengadaan dua unit mobil sampah yang akan beroperasi pada dua kecamatan di ibu kota. Meski Kecamatan Kaledupa, Kaledupa Selatan, Tomia, Tomia Timur, Binongko dan Togo Binongko hingga kini masih minim fasilitas kebersihan, pemerintah setempat tak ingin tinggal diam. Setidaknya tempat dan mobil sampah serta petugas kebersihan harus ada pada setiap masing-masing wilayah.

“Secara bertahap. Tapi untuk seluruh pulau memang itu akan menjadi program kita tahun depan,” ujar Kepala DLH Wakatobi, Jaemuna, akhir pekan lalu. Ia mengungkapkan jika Wakatobi ingin terhindar dari sampah maka seluruh pulau harus ditunjang dengan fasilitas memadai. Mulai dari tong sampah yang disiapkan pada masing-masing lingkungan, mobil kebersihan serta petugas di lapangan.

“Kalau hanya di ibu kota yang diperhatikan maka bagaimana dengan pulau-pulau lainnya. Kita ingin bersih tapi tempat sampah dan lainnya tak tersedia, pasti tidak maksimal,” tambahnya. Sementara, ada tiga pulau besar telah memiliki jadwal kegiatan festival yang masuk dalam kalender even setiap tahunnya. Dalam kegiatan tersebut bukan hanya dari pemerintah setempat yang hadir melainkan tamu serta pengunjung dari luar Wakatobi. “Tentu setiap kegiatan ini kita butuh tenaga kebersihan. Tapi memang bukan hanya pada momen ini saja, melainkan harus ada setiap saat,” ungkapnya. Jaemuna mengaku, untuk tahun ini pengadaan tempat dan mobil sampah belum dapat dilakukan. Mengingat masih ada sejumlah program lain yang dianggap lebih prioritas. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top